Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Tim Gabungan BPBD Kabupaten Malang Bersihkan Lumpur Pasca Banjir di Lawang

Banjir Bandang di Lawang Malang

Malang (beritajatim.com) – Pasca banjir di Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang hingga meluap ke jalan raya, tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang bersama Relawan, TNI-Polri dan masyarakat membersihkan sisa Lumpur.

Lumpur yang menimbun jalan dan rumah penduduk dibersihkan oleh petugas gabungan. Termasuk membersihkan sisa Lumpur yang ada di jalan. Alat berat juga di kerahkan guna melalukan evakuasi tumpukan material yang ada di jalan dan menyumbat aliran sungai. Banjir Lumpur itu terjadi pada Selasa (9/3/2022) sore, pasca wilayah itu diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

“Kami tim gabungan masih melakukan asesmen rumah warga yang terendam lumpur dan kerugian akibat kejadian itu,” ungkap Plt Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan ditemui di lokasi kejadian, Rabu (9/3/2022).

Kata Bambang, banjir bercampur material Lumpur itu menyebabkan timbunan Lumpur setebal 1-2 centimeter, yang kini tengah dibersihkan bersama tim gabungan.

Ia menjelaskan, hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan kandang peternakan yang berada di dekat jembatan desa setempat ambruk hingga material kayu dan bambu bercampur Lumpur. Banjir disertai lumpur ditengarai dari lereng perbukitan yang tergerus air hujan dan terbawa arus sungai dan tersumbat, menyebabkan air dan lumpur meluap ke permukiman dan jalan di desa tersebut.

“Total rumah penduduk terdampak masih kita data. Kita sekarang tengah fokus pembersihan sisa lumpur,” terangnya.

Banjir Bandang di Lawang Malang

“Untuk korban jiwa sampai sekarang tidak ada. Personel BPBD yang dikerahkan sekitar 10 orang. Ada puluhan bersama personel gabungan mas,” sambung Bambang Istiawan.

Bambang mengaku, saat ini tim gabungan tengah mencari titik aliran sungai yang tersumbat hingga menyebabkan air meluap ke jalan dan permukiman.

“Kita cari sumber sumbatan utama agar saat hujan tidak terjadi luapan air dan Lumpur lagi,” pungkasnya. (yog/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar