Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Terhadang Motor Warga, Damkar Ngawi: Ini Musibah Bukan Tontonan

Mobil Damkar Ngawi yang mengalami kendala saat hendak padamkan api di rumah Paini warga Desa Sidolaju, Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, Minggu (5/6/2022)

Ngawi (beritajatim.com) – Laporan kebakaran yang melanda rumah Paini (55) warga Desa Sidolaju, Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, Minggu (5/6/2022) direspon cepat oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) Ngawi. Mereka yang mendapatkan laporan pada pukul 09.30 WIB segera menuju lokasi.

Sayangnya, saat hendak menuju ke rumah Paini yang akses jalannya sempit. Ditambah ratusan motor warga yang hendak menonton musibah kebakaran itu menghalangi jalan masuk mobil damkar sejumlah dua unit.

Petugas Damkar Heri Santoso membenarkan kalau pihaknya sempat terhadang motor warga yang tengah diparkir di dekat lokasi. Pihaknya pun melakukan transit air yang jaraknya sekitar satu kilometer dari lokasi kejadian agar tetap bisa melakukan pemadaman api di rumah milik janda itu.

“Kami berusaha mendekat ke lokasi, tapi saat itu terhalang oleh ratusan motor warga yang diparkir di pinggir jalan menuju lokasi kebakaran. Motor itu milik warga yang menonton kejadian itu,” kaga Heri Susanto, Minggu (5/6/2022)

Heri mengatakan kalau seharusnya warga justru mensterilkan jalan yang memudahkan akses kendaraan damkar yang cukup besar agar bisa mendekat ke lokasi. Sehingga, mobil pemadam bisa masuk ke lokasi kejadian dan bisa mempercepat penanganan.

“Karena kebakaran ini kan musibah bukan tontonan, jadi harusnya warga ini paham kalau kami pemadam kebakaran ini hendak melakukan penanganan jadi jalannya jangan dihalangi,” katanya.

Dia mewakili seluruh personel damkar mengimbau agar warga manapun jika ada kejadian kebakaran agar mensterilkan jalan bagi mobil damkar atau mobil ambulance jika mungkin ada korban luka dan butuh pertolongan cepat. Terlebih, jika akses jalan sempit.

“Kami meminta warga agar paham dengan cara kerja kami. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin agar bisa cepat sampai lokasi, jadi kami harap akses menuju lokasi dipermudah dan jangan dihalangi,” katanya.

Paini (55) warga Desa Sidolaju, Widodaren, Ngawi, Jawa Timur saat dipapah warga karena histeris melihat rumahnya yang hangus terbakar pada Minggu (5/6/2022) pukul 09.30 WIB.

Untuk diketahui, kebakaran rumah milik Paini (55) warga Desa Sidolaju, Widodaren, Ngawi itu diduga berasal dari korsleting arus listrik. Berawal saat Paini meninggalkan rumah untuk bekerja di sebuah rumah potong ayam di desanya.

Kemudian, rumah yang tak ada penghuninya itu tiba-tiba mengeluarkan api. Tepatnya di rumah bagian tengah dari tiga bagian rumah. Warga sekitar yang melihat sempat melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Mendapatkan laporan kebakaran itu, anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Ngawi langsung menuju ke lokasi.

Namun, mereka sempat mengalami kendala, dua unit kendaraan penakluk di jago merah itu tak bisa masuk ke lokasi karena banyaknya motor warga yang diparkir di dekat rumah Paini. Terlebih, jalan menuju lokasi kebakaran cukup sempit. [fiq/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar