Peristiwa

Tanah Semburkan Api di Sidotopo, KAI Serahkan ke Pemerintah

Dinas Lingkungan Hidup dan tim teknis ITS bersama PT KAI mendatangi lokasi semburan api di Depo Loko Sidotopo, Surabaya, Minggu (5/1/2020).(istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebuah fenomena alam terjadi di Kota Surabaya, Sabtu (4/1/2020). Kali ini fenomena alam berupa semburan api di kawasan Depo Lokomotif di Stasiun Sidotopo. Manager Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto menjelaskan, fenomena alam ini ditemukan oleh petugas jaga PT KAI. Saat itu petugas mendapati adanya asap di lahan kosong.

“Saat di dekati ternyata ada titik api. Mereka lalu menghubungi petugas dan PT KAI juga berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkot Surabaya,” jelasnya, Minggu (5/1/2020).

Lebih lanjut Prapto menjelaskan, pihaknya kini masih menunggu tindak lanjut dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya. Menurutnya, DLH dan Tim Teknis dari ITS sedang mendalami fenomena ini.

“Tim teknis ITS dan DLH sudah datang ke lokasi bersama kami hari ini. Tapi untuk hasilnya belum diketahui dan tim menyebutkan membutuhkan waktu untuk menyelidikinya,” papar mantan Manager Humas Daop IV Surabaya ini.

Sementara saat ditanya materi pemeriksaan dan penelitian, lanjut Prapto, pihak tim teknis ITS dan DLH menguji udara, suhu lingkungan dan struktur tanah. Guna memastikan keamanan, petugas kepolisian melakukan pemasangan garis polisi.

“Tim dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya telah melaksanakan penelitian dengan mengambil sampel tanah, mengukur suhu tanah dan udara disekitarnya, serta data-data lainnya. Hasil penelitian masih menunggu hasil lab di ITS nantinya,” pungkasnya.(man/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar