Peristiwa

Satgas Covid-19 Magetan Cek Kesiapan Pembukaan Kolam Renang

Tim dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magetan melakukan assessment di Magetan Park untuk mengecek persiapan mereka, sebelum dinuka, Senin (30/11/2020). [Foto/Ade Mas Satrio Gunawan]

Magetan (beritajatim.com) – Tim assesment dari Satgas Covid-19 Kabupaten Magetan melakukan pengecekan di Magetan Park. Pasalnya, lokasi tersebut hendak dibuka wisata kolam renang.

Ketua Bidang Kajian Strategis dan Penilaian Kegiatan Satgas Penanganan Covid-19 Magetan, Venly Tomi Nicholas menjelaskan, seperti yang ada di Peraturan Bupati 32 tahun 2020 bahwa untuk kegiatan ekonomi seperti kolam renang ini sudah cukup lama ditutup. Karena pemerintah masih mencari mencari referensi terbaik terkait wisata air.

“Apakah air itu menjadi media yang bisa menularkan, rekomendasi dari para pakar, kalau klorinifikasinya bener ph-nya 7,4, Insya Allah tidak jadi media. Virus akan mati di situ tapi yang risiko adalah ketika mereka berkumpul,” ujarnya, Senin (30/11/2020).

Ia menambahkan, masalah utama dari kolam renang bukanlah air, tapi sulitnya menjaga jarak dan memakai masker saat berenang. Yang berkumpul untuk membatasi, satu orang punya space dengan radius 4 meter. Pemenuhan protokol kesehatan harus dipenuhi untuk menjaga semua.

“Saya memberikan petunjuk ini harus dipenuhi, besok kalau kita cek lagi tidak dipenuhi, tidak akan diberikan rekomendasi,” ujarnya.

Pengelola kolam renang pun wajib mengumumkan kepada pengguna di papan informasi setiap hari. Dengan begitu, informasi yang diberikan bisa diketahui oleh pengunjung. Hal-hal yang harus dilakukan oleh pengunjung dan hal yang dilarang, harus disampaikan.

“Untuk pengunjung yang bandel keluar aja, nggak usah disuruh ke sini. Pengelola harus tegas karena kita tidak ingin menjadi kluster baru,” tegasnya.

Sementara itu, Wulan Yuniarti customer sevice Magetan Park mengatakan, pihaknya akan buka pada 3 Desember 2020 dengan pembatasan pengunjung. Kolam renang yang buka hanya dua, dengan kapasitas 3 ribu, namun hanya bisa digunakan 200 pengunjung.

Kemudian kolam dengan kapasitas 2 ribu, tapi hanya untuk 100 pengunjung. “Nantinya tiap dua jam akan dilakukan pergantian pengunjung untuk mengatasi kerumunan,” paparnya.

Pihaknya akan segera membereskan kekurangan atas rekomendasi tim assesment dari Satgas Covid-19 Kabupaten Magetan. Pembukaan kolam renang Magetan Park hanya diperuntukkan untuk KTP Magetan dan dari daerah zona hijau. [asg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar