Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Sambut Ramadan, Warga Lintas Agama di Kediri Bersihkan Rumah Ibadah

Kediri (beritajatim.com) – Menyambut datangnya bulan suci ramadan, warga di Dusun Payak, Desa Tanon, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri membersihkan Masjid Baiturrohman, pada Jumat (1/4/2022). Uniknya, mereka tidak hanya muslim tetapi berasal dari lintas agama.

Aksi bersih-bersih rumah ibadah ini dilakukan oleh warga dari berbagai agama. Namun mereka sangat antusias. Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk menjaga kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama.

Warga membersihkan masjid, mulai dari lantai masjid, halaman masjid, dan kaca-kaca jendela, karpet, serta semua untuk sarana dan prasarana untuk salat dibersihkan,

Sekretaris Desa Tanon, Arip Kristianto mengungkapkan kegiatan kerja bakti membersihkan tempat ibadah ini dalam rangka menyambut bulan ramadan. “Di Desa Tanon ini sebagai salah satu percontohan Kampung Pancasila, karena warga sangat menjaga kerukunan antar umat beragama,”tutur Arip.

“Dalam kegiatan ini menjelang bulan suci Ramadan, warga dari lintas agama baik beragama Hindu, Kristen, Katolik, dan umat muslim membersihkan masjid untuk persiapan salat tarawih,”ungkap Sekretaris Desa Tanon.

Sementara itu, Takmir Masjid Baiturrohman Jumadi mengatakan toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin sejak lama di Desa Tanon bisa menjadi contoh bagi desa atau wilayah lainnya.

“Toleransi beragama sudah bertahun-tahun khususnya di Desa Tanon itu ada kerja sama yang sifatnya betul-betul bisa sebagai contoh. Sebagai bentuk toleransi yang benar-benar bisa diterapkan. Kami juga bangga dengan adanya toleransi beragama yang juga ditunjang dengan Kampung Pancasila di mana desa juga berperan aktif, ” kata Jumadi. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar