Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Porter Mbok Yem Meninggal di Gunung Lawu Magetan

Petugas Polhut saat koordinasi evakuasi jenazah Kaderi yang meninggal di Kawasan Pasar Dieng, Gunung Lawu. (Foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Kaderi (70) warga Desa Gonggang Kecamatan Poncol Magetan ditemukan meninggal dunia oleh anaknya di Kawasan Pasar Dieng Gunung Lawu, Rabu (8/9/2021) pukul 12.00. Anaknya lantas melapor ke Perhutani.

Total ada tiga regu yang sudah berangkat untuk membantu evakuasi Kaderi. Regu pertama berangkat pukul 14.55 WIB. Berselang masing–masing 30 menit untuk pemberangkatan dua regu yang menyusul. Bukan hanya dari unsur Perhutani tapi termasuk relawan dan TNI Polri.

‘’Kami dapat info sudah siang, sehingga selain kami harus menyiapkan logistik, persiapan regu evakuasi harus matang agar tak menimbulkan kerumunan,’’ terang Puguh Yudhi Prasetyawan, Asisten Perhutani BKPH Lawu Selatan Ds, Rabu (8/9/2021).

Puguh mengungkapkan kalau Kaderi sudah beberapa bulan tinggal di kawasan gunung karena sudah puluhan tahun jadi porter para pemilik warung yang ada di kawasan jalur pendakian ke Gunung Lawu. Baik melalui Cemoro Sewu, Cemoro Kandang, dan Candi Cetho. Termasuk pemilik warung legendaris di Gunung Lawu, yakni Mbok Yem.

Puguh mengungkapkan, evakuasi dilakukan melalui jalur Cemoro Sewu. Meski, jalur Cemoro Sewu amsih ditutup untuk aktivitas pendakian.

‘’Di atas memang sudah ada aktivitas, karena dua jalur lain menuju ke Gunung Lawu via Jawa Tengah sudah dibuka. Meski kami tidak memonitor berapa pendaki yang ada di atas sana. Yang jelas untuk Cemoro Sewu masih ditutup,’’ terang Puguh. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar