Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pingsan di Gunung Raung, Seorang Pendaki Dievakuasi

pendaki raung
Tim penyelamat bersama warga melakukan evakuasi terhadap salah seoarng pendaki yang pingsan di Gunung Raung

Banyuwangi (beritajatim.com) – Seorang pendaki Gunung Raung di Banyuwangi terpaksa dievakuasi oleh tim penyelamat karena tidak sadarkan diri. Diketahui pendaki tersebut bernama lengkap Estevanus Jacques Carlo asal Karawang Jawa Barat.

Ia bersama delapan temannya mendaki Gunung Raung via Wonorejo, Desa Kalibaru, Kecamatan Kalibaru. Saat dievakuasi, pria berusia 39 tahun itu dalam kondisi lemas. Ia dibawa turun dengan menggunakan tandu kain dan pengait kayu.

Sampai di kaki Gunung Raung, pendaki tersebut dijemput oleh Ambulans dari RSU Bhakti Husada Krikilan, Kecamatan Glenmore. Karena kondisi yang lemah, pria itu harus mendapat perawatan intensif oleh tim medis setempat.

“Korban mengeluh sakit setelah perjalanan turun dari Puncak Sejati Gunung Raung ke Pos 8,” terang Petugas TRC Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Banyuwangi, Ismanto, Selasa (30/11/2021).

Sebelumnya, kata Ismanto, tim dari pendaki memberikan kabar jika ada salsh seorang pendaki yang sakit pada Senin (20/11/2021). Selanjutnya, tim melakukan evakuasi meski cukup sulit, karena kondisi medan dan cuaca.

“Pagi kita mulai naik ke Pos 8 karena hujan dan medan sulit dilalui. Akhirnya kita sampai di perkampungan sore hari. Kita lakukan evakuasi bersama keplisian dan warga,” jelasnya.

Sementara Kapolsek Kalibaru, AKP Abdul Jabar membenarkan mengenai kabar itu. Dia menyebut salah seorang pendaki itu telah dievakuasi dan tengah dirawat di rumah sakit. “Laporannya ada pendaki yang sakit dan pingsan saat akan turun gunung. Korban di Pos 8 kemudian sudah dirawat,” pungkasnya. [rin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan