Peristiwa

Perpamsi Jatim Kerahkan 11 Truk Tangki Air Bantu Warga Kota Malang

Malang (beritajatim.com) -Perusahaan Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang memberikan bantuan air bersih kepada warga Kota Malang yang krisis air beberapa hari terakhir.

Hal itu disebabkan layanan air bersih yang dipasok Perumda Tugu Tirta Kota Malang, mengalami gangguan kebocoran jaringan pipa transmisi berdiameter 500 mili meter (mm) di wilayah Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Bantuan air bersih dari Perumda Tirta Kanjuruhan, yakni dengan mengirimkan dua truk tangki yang berisi air bersih untuk kebutuhan warga Kota Malang.

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, sekaligus Ketua Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) Jawa Timur, Syamsul Hadi, Senin (14/1) menjelaskan, bantuan air bersih melalui truk tangki yang kita lakukan untuk warga Kota Malang, akan didistribusikan melalui pembagian tugas. Sedangkan pembangian tugas tersebut, secara teknis dalam pendistribusian disesuaikan arahan Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Karena perusahaan daerah setempat yang mengetahui peta kebutuhan pelanggan di Kota Malang.

“Kami akan memasok air bersih untuk kebutuhan warga Kota Malang, sesuai dengan permintaan. Dan pihaknya siap 24 jam dalam memberikan bantuan air bersih melalui truk tangki air,” terang Syamsul.

Syamsul menjelaskan, dirinya sebagai Ketua Perpamsi Jawa Timur (Jatim), sudah meminta bantuan truk tangki air bersih kepada 9 PDAM Kabupaten/Kota, yang jumlah masing-masing satu unit.

Seperti PDAM Kota Batu, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Tulungagung, Mojokerto, Situbondo, Banyuwangi, dan Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang sendiri mengirimkan dua unit truk tangki.

Hal itu agar mengirimkan truk tangki untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada warga Kota Malang, hingga perbaikan pipa transmisi yang dilakukan Perumda Tugu Tirta Kota Malang selesai. Dimana nantinya, Perpamsi akan menyediakan 11 truk tangki yang akan memasok air bersih pada warga Kota Malang.

“Bantuan air bersih yang kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Kota Malang, berjalan sejak pada hari ini. Truk-truk tangki itu dalam pendistribusiannya, sesuai arahan dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang,” ujarnya.

Syamsul menegaskan, Perpamsi Jatim memiliki motto Seduluran Selawase. Sehingga bantuan tersebut tidak hanya untuk Perumda Tugu Tirta Kota Malang saja, tapi juga akan kita lakukan jika ada daerah yang butuh bantuan truk tangki air bersih. Sedangkan dalam memberikan bantuan itu, sudah sesuai dengan kesepakatan bersama seluruh anggota Perpamsi Jatim.

“Kami juga mengirimkan staf teknik Perumda Tirta Kanjuruhan untuk diperbantukan dalam proses pembenahan pipa transmisi milik Perumda Tugu Tirta Kota Malang yang jebol. Sehingga diharapkan, staf yang dikirim bisa memberikan bantuan perbaikan,” Syamsul mengakhiri. (yog/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar