Peristiwa

Orang Gila Bisa Terkena Covid-19, Begini Penyebabnya

Foto ilustrasi virus Corona

Malang (beritajatim.com) – Pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, Kabupaten Malang, ternyata juga bisa terkena virus Covid-19.

Ketua Komite Medik RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, dr Tiwik Koesdiningsih SpKJ menduga, para ODGJ telah melakukan kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19. Kontak sebelum dirawat di RSJ Lawang.

“Penularan Covid-19 penyebab umumnya berasal dari luar. Bukan dari dalam RSJ,” ucap Tiwik, Jumat (26/2/2021).

Tiwik memastikan RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Termasuk pada pelayanan calon pasien yang memerlukan perawatan.

“Pasien dengan gangguan jiwa yang hendak memerlukan perawatan di sini wajib mengikuti screening secara ketat. Meliputi apakah kontak erat dengan orang dengan Covid-19, pergi ke luar kota, atau gejala yang akhir ini timbul demam, pilek, sesak nafas atau sulit membau,” tegasnya.

Menurut Tiwik, hingga 23 Februari 2021, terdapat 133 ODGJ yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Diketahui sejak pandemi berlangsung. Rata-rata usia umumnya saya tidak hafal. Mencakup dewasa dan remaja,” beber Tiwik.

Sementara itu, hingga Rabu tanggal 24 Februari 2021 lalu saja, total pasien ODGJ yang dirawat di RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat berjumlah 134 pasien.

“Total pasien hari ini 134 pasien,” Tiwik mengakhiri. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar