Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Lereng Gunung Gundul, Jatim Waspadai Banjir Bandang

Wagub Emil Dardak (kanan)

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mewaspadai ancaman banjir bandang yang membawa material sedimen lumpur dan batu dari lereng gunung. Diperlukan penanganan agar lereng gunung tidak gundul.

“Kondisi di lereng gunung sudah saatnya (membuat) kita menyadari bahwa tidak bisa begini terus. Harus ada penanganan di hulu. Apakah itu berkaitan dengan pengelolaan kawasan hutan atau memang ada masyarakat yang menggantungkan hidup (dari hutan),” kata Wakil Gubernur Emil Dardak, usai membuka Musyawarah Daerah VII IPHI Kabupaten Jember, di Aula Dinas Pendidikan setempat, Sabtu (13/11/2021).

Jika memang gundulnya hutan dikarenakan ada masyarakat yang menggantungkan hidup di sana, Emil mengatakan, perlu dipikirkan solusi alternatif. Ia ingin ada pemetaan strategi penghijauan lereng gunung dan semua daerah aliran sungai.

Sementara itu, khusus untuk penanganan banjir di Jember, Emil mengatakan, ada kolaborasi antara pemkab dan Pemprov Jatim. “Dengan alat berat, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Jatim melakukan normalisasi (sungai). Beliau (bupati Jember) terfokus pada penyediaan tempat material hasil normalisasi dan pengerukan,” katanya. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar