Peristiwa

Koalisi Wartawan Sidoarjo Tuntut Penganiaya Jurnalis Tempo Diadili

Sidoarjo (beritajatim.com) – Koalisi Wartawan Sidoarjo gabungan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sidoarjo dan Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas), berunjuk rasa di depan Monumen Jayandaru Alun-alun Sidoarjo Senin (29/3/2021).

Dalam aksinya ini, wartawan mengutuk dan menyesalkan peristiwa penganiayaan yang dilakukan oleh oknum aparat terhadap Nurhadi wartawan Tempo. Hadi dianiaya saat melakukan tugas jurnalistik mengonfirmasi kasus korupsi yang ditangani KPK.

Para awak media ini mendesak penegak hukum untuk mengusut tuntas terhadap para pelaku yang melakukan penganiayaan tersebut. Penegakan hukum dibutuhkan agar kasus penganiayaan terhadap awak media yang menjalankan tugas jurnalistik tidak terulang.

“Wartawan dalam menjalankan tugasnya dilindungi Undang-undang Pers. Barang siapa menghalangi tugas jurnalistik bisa dipidana,” kata koordinator aksi Heri Susetyo.

Selain berorasi sambil membentangkan poster, wartawan juga melakukan aksi teatrikal. Dalam teatrikal menggambarkan Hadi dianiaya sejumlah oknum aparat.

Penganiayaan terhadap Nurhadi bermula saat dia tengah melakukan tugas peliputan pada Sabtu, 27 Maret 2021. Dia ditugasi kantornya konfirmasi pada mantan Direktur Pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Angin Prayitno Aji terkait kasus suap pajak yang tengah diusut KPK.

Dalam aksinya jurnalis juga meminta Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Komisi Nasional dan Hak Asasi Manusia serta Dewan Pers untuk memberikan perlindungan bagi korban dari ancaman kekerasan lebih lanjut. Serta mengawal proses hukum atas kasus ini hingga tuntas. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar