Peristiwa

Hujan Es dan Angin Kencang Terjang Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Hujan disertai angin kencang kembali menerjang Jombang, Jawa Timur, Kamis (12/12/2019) petang. Akibatnya, banyak pohon tumbang dan rumah yang rusak. Bahkan, di Kecamatan Mojowarno, angin kencang tersebut juga disertai hujan es sebesar kerikil.

Berdasarkan data BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang, hujan disertai angin kencang itu sedikitnya menerjang enam kecamatan. Masing-masing Kecamatan Wonosalam, Bareng, Mojowarno, Gudo, Ngoro, serta Kecamatan Diwek. “Untuk hujan es di Kecamatan Mojowarno,” ujar salah satu relawan BPBD Jombang, Stevie.

Angin puting beliung berlangsung sangat cepat. Awalnya, mendung hitam menggantung di kawasan Wonosalam dan sekitarnya. Setelah itu hujan deras jatuh dari langit. Seiring dengan itu, petir juga menggelegar. Pada saat bersamaan, terdengar suara bergemuruh. Warnanya putih bergulung-gulung.

Dalam sekejap, pohon pun tumbang ketika dilewati oleh angin tersebut. Genting rumah warga juga beterbangan. Di Desa Kedungpari, Kecamatan Mojowarno, pohon besar tumbang ke tengah jalan. “Benar, akibat angin kencang tersebut, banyak rumah rusak. Kemudian pepohonan tumbang. Saat ini kami sedang melakukan pendataan,” kata Kapolsek Mojowarno AKP Yogas. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar