Peristiwa

Dinding Sekolah Dasar di Malang Ambrol Tergerus Sungai

Ambrol di Sukun, Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Dinding setinggi 20 meter dengan lebar sekira 20 meter milik SD Kristen Elim Yayasan Pendidikan Kemuliaan Allah (Ekklesia) di Jalan S Supriadi, Sukun, Kota Malang longsor. Penyebab dinding ambrol karena intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak Kamis, (4/2/2021) kemarin.

“Kok gak tahunya tadi pagi tiba-tiba dengar suara gemuruh. Ternyata saat dilihat bangunan sekolah belakang itu ambrol. Sekira pukul 08.00 WIB, ambrolnya ya setelah hujan,” kata Sulikah (46), warga setempat.

Kepala sekolah Yayasan Ekklesia, Jonar Situmorang mengatakan, untuk mengantisipasi longsor susulan mereka langsung melakukan pengosongan di gedung bertingkat di sekolah itu. Barang berharga di ruangan laboratorium juga sudah dipindahkan.

“Karena bangunannya juga saya lihat ada retakan-retakan. Saya sudah lapor ke pemborong untuk segera ditindaklanjuti. Itu yang bangunan belakang memang udah lama sejak tahun 2004,” ujar Jonar.

Beruntung akibat peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Jonar mengatakan, saat tanah ambrol tidak ada aktivitas di sekolahan. Dia mengungkapkan bangunan sekolah yang ambrol itu adalah tanah pekarangan dan kantin sekolah.

“Ini bukan yang pertama kalinya. Plengsengan sungai di sekolahnya juga pernah ambrol sekitar 8 tahun lalu. Mungkin karena hujan deras kemarin, tekanan airnya juga kuat sehingga menggerus tanah plengsengannya,” tandasnya. (Luc)



Apa Reaksi Anda?

Komentar