Peristiwa

Desember 2019 Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder Gresik Dioperasikan

Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) Gresik sedang diuji coba

Gresik (beritajatim.com) – Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder Gresik Jawa Timur bulan Desember 2019 ini akan segera dioperasikan secara fungsional

Proyek Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) merupakan proyek nasional pemerintah untuk mempercepat akses transportasi logistik dan kawasan terpadu industri di Mojokerto dan Sidoarjo menuju Gresik untuk mendukung peningkatan dan pemerataan perekonomian nasional.

Tol elevated/layang ini dibangun sepanjang 38 km, di mana sepanjang 19,55 km (seksi II- IV)yang dikerjakan oleh PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), sedangkan pada seksi I WSBP hanya sebagai penyuplai produk precast.

Proyek pembangunan jalan tol yang membentang dari Kabupaten Sidoarjo hingga Kabupaten Gresik ini dimulai sejak awal 2017 dan ditargetkan akan rampung pada Desember 2019, dengan nilai kontrak sebesar Rp 3,51 triliun.

Hingga pertengahan November ini, progres pembangunan untuk seksi II sudah mencapai 99,46%, Seksi III mencapai 99,78%, dan Seksi IV mencapai 61,34%. Seksi IV Bunder-Manyar sepanjang 9 Km masih terkendala sejumlah pembebasan tanah.

Direktur Pemasaran PT Waskita Beton Precast Tbk, Agus Wantoro, mengatakan secara bertahap proyek tol tersebut telah PHO (Provisional Hand Over/ penyerahan pertama pekerjaan).

“Dioperasikan secara resmi mungkin Januari (2020) mendatang. Tapi kalau secara fungsional bisa digunakan pada libur Natal dan tahun baru ini (2019),” katanya ditemui di rumah makan Elan Gresik, Kamis (21/11/2019).

Jarot Subana, Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk menambahkan bahwa pembangunan Jalan Tol KLBM juga sebagai penghubung untuk jalan tol yang berada di sekitarnya.

“Selain itu, KLBM akan mendukung akses masuk-keluar ke kawasan industri yang ada di daerah Sidoarjo dan Gresik, di mana akan terintegrasi dengan pengembangan kawasan Pelabuhan Gresik,”pungkasnya.(ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar