Peristiwa

BPBD Kota Malang Belum Tahu Sumber Dentuman di Malam Hari

Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto.

Malang(beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang belum mengetahui sumber suara dentuman yang terjadi pada malam hari di wilayah ini. Warga Malang di beberapa wilayah dihebohkan dengan suara dentuman.

Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto mengatakan, bahkan pihaknya melakukan pengecekan ke BPBD Kabupaten Malang dan BPBD Lumajang. Mereka semua sampai saat ini belum mengetahui sumber suara dentuman misterius ini. Bahkan BMKG pun belum ada pembaruan data saat dikonfirmasi BPBD Kota Malang.

“Memang benar ada dentuman yang terdengar tadi malam. Kami cek dari beberapa teman-teman BPBD Lumajang dan Kabupaten Malang itu belum diketahui itu dentuman apa. Sampai sekarang pun belum ada informasi dari yang memiliki otoritas seperi BMKG atau yang lain,” kata Alie Mulyanto, Rabu, (3/2/2021).

Alie mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat suara dentuman terdengar di seluruh Malang Raya. Paling terdengar di kawasan Kabupaten Malang seperti Dau, Pakis dan beberapa wilayah lainnya. Suara dentuman berdasrakan laporan antara pukul 00.00 WIB hingga Rabu dini hari.

“Sejauh ini belum ada laporan dari masyarakat, namun ada informasi dentuman itu. Wilayah yang mendengar dentuman kemarin itu sampai Malang Raya. Tapi ini juga masih belum tahu asalnya dari mana,” ujar Alie.

Alie mengatakan, sampai saat ini tidak ada yang bisa memastikan sumber dentuman misterius. Laporan dari otoritas Gunung Semeru dan Gunung Raung, Banyuwangi pun tidak memastikan bahwa dentuman berasal dari dua tempat ini. Sampai saat ini masih diselidiki sumber suara dentuman.

“Dari BPBD Lumajang juga belum ada informasi terkait asal dentuman itu. Karena di Gunung Semeru ataupun Gunung Raung ternyata belum ada informasi lebih lanjut. Kita belum bisa memperkirakan itu berasal dari mana, namun memang benar ada dentuman tapi kita belum tau itu gejala alam atau apa,” tandasnya. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar