Peristiwa

Baznas Jombang Serahkan 354 SK Unit Pengumpul Zakat

baznas jombang
Sosialisasi "Pengelolaan Zakat untuk Sekolah' yang dilakukan Baznas Jomban bertempat di Masjid Agung Baitul Mukminin, Kamis (6/4/2023)

Jombang (beritajatim.com) – Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Jombang menyerahkan 354 SK (Surat Keputusan) UPZ (Unit Pengumpul Zakat) tingkat SD dan SMP di kabupaten setempat, Kamis (6/4/2023). Keberadaan UPZ tersebut diharapkan memudahkan masyarakat untuk mengakses lembaga zakat.

Penyerahan SK UPZ tersebut sekaligus sosialisasi “Pengelolaan Zakat untuk Sekolah’ yang bertempat di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan materi zakat sebagai pengurang pajak oleh KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Jombang.

Dalam paparannya, Ketua Baznas Jombang Didin A Sholahudin menyoroti banyaknya lembaga yang belum berizin amil syar’i, tetapi melakukan penghimpunan zakat ke masyarakat. Pada kesempatan itu Ketua Baznas Jombang didampingi Wakil Ketua I Ahmad Zainuri, dan Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Agama Islam SD Kabupaten Jombang Zainur Rofiq.

BACA JUGA:
Majukan Pendidikan Pesantren, Baznas Jombang Berikan Beasiswa Rp96 Juta untuk Mahasantri

“Banyaknya lembaga yang tidak ber-SK amil syar’i tentu merugikan masyarakat. Karena menjadikan zakat yang dikeluarkan oleh Muzakki, diragukan keabsahannya. Di 2023 ini, lembaga zakat yang telah ber-SK amil syar’i untuk tingkat nasional berjumlah 33 lembaga zakat, tingkat provinsi berjumlah 30 lembaga zakat, dan tingkat kabupaten/kota berjumlah 70 lembaga zakat” tutur Gus Didin, panggilan akrabnya, di hadapan guru perwakilan UPZ sekolah.

Oleh karenannya, menurut Gus Didin, masyarakat Jombang wajib mengetahui lembaga zakat yang telah memperoleh SK amil syar’i. Agar pembayaran zakatnya sah, dan benar-benar ditasarufkan kepada 8 ashnaf sesuai ketentuan fiqh zakat. “Untuk itulah, Baznas mempunyai kewajiban melindungi masyarakat. Caranya dengan terus menerus lakukan edukasi dan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) baik di masjid, musala ataupun di sekolah,” lanjut Gus Didin.

baznas
Ketua Baznas Jombang Didin A Sholahudin

Wakil Ketua I Baznas Jombang Achmad Zainuri berharap sekolah yang telah menerima SK amil syar’i UPZ segera melakukan koordinasi dengan pihak sekolah dan sosialisasi kepada wali murid. “Tata kelola penghimpunan, pentasyarufan, dan pelaporan zakat harus benar-benar berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan.” kata pria yang bertanggungjawab mengkoordinasikan UPZ Baznas se-Kabupaten Jombang ini.

UPZ Baznas berbasis sekolah, lanjut Zainuri, disamping mempunyai tugas untuk menghimpun dan mentasarufkan zakat, juga sebagai sarana edukasi pembelajaran praktek ZIS (Zakat Infak Sedekah) ke siswa. Dengan keberadaan UPZ di sekolah diharapkan dapat menjembatani program Baznas Jombang untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat Jombang.

BACA JUGA:
Senyum Bahagia Anak-anak Desa Terpencil Dapat Sepatu Baru dari Baznas Jombang

“Semua sekolah yang sudah memperoleh SK amil syar’i berhak untuk mengakses program di Baznas Jombang, demi kemanfaatan dan kebutuhan warga sekolah,” pungkas Zainuri dalam sambutannya. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar