Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Senyum Bahagia Anak-anak Desa Terpencil Dapat Sepatu Baru dari Baznas Jombang

Ketua Baznas Kabupaten Jombang Didin A. Sholahudin membantu anak-anak memasangkan tali sepatu, Minggu (29/5/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Adit (11) sibuk membuka kardus yang teronggok di depannya. Begitu kardus terbuka, senyum bahagia langsung terpulas dari bibirnya. Murid sekolah tingkat dasar ini girang bukan kepalang karena yang ada di dalam kardus tersebut adalah sepasang sepatu baru. Dia buru-buru mencobanya, mengencangkan talinya. Walhasil pas. Sepatu warna hitam itu sesuai dengan ukuran kakinya.

Usai mencoba, Adit kembali memasukkan sepatu baru ke dalam kardus. Dia kemudian menggendongnya untuk dibawa pulang. Adit tak sabar ingin cepat sampai rumah. Lalu, memamerkan sepatu baru itu kepada orangtuanya. Bahkan ingin menjajalnya sekali lagi. “Hore..Dapat sepatu baru,” katanya bangga.

Adit adalah salah satu dari puluhan anak Dusun Banyuasin, Desa Kromong, Kecamatan Ngusikan, yang mendapatkan sepatu baru dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Jombang, Minggu (29/5/2022), dalam bakti sosial di desa terpencil tersebut. Selain sepatu, juga diberikan aneka mainan anak-anak.

Dusun Banyuasin, Desa Kromong merupakan kawasan terpencil di Kabupaten Jombang. Desa tersebut berada di utara Sungai Brantas, berbatasan langsung dengan Lamongan dan Mojokerto. Untuk menuju ke Banyuasin, dibutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan dari Kota Jombang. Melintasi persawahan, membelah hutan belantara, dengan suguhan jalan terjal dan berliku.

Namun jauhnya perjalanan itu terbayar dengan sambutan hangat dari warga ketika rombongan Baznas sampai di lokasi. Dengan cekatan, anak-anak desa membantu menurunkan perbekalan Baznas yang dibawa untuk menyemarakan hari libur mereka. Dari alat-alat permainan, kudapan, hingga sepatu sekolah yang siap dibagikan.

Salah satu warga Dusun Banyuasin, Silviana, ketika ditemui di masjid setempat mengungkapkan, sebelumnya warga mengtahui akan kedatangan Baznas Kabupaten Jombang. Sehingga sedari pagi mereka sudah menantikan. Para orangtua itu juga mengajak buah hati mereka.

Anak-anak Dusun Banyuasin membawa pulang sepatu baru pemberian Baznas Kabupaten Jombang

“Terima kasih atas pemberian sepatu baru dari Baznas Jombang untuk anak saya. Bisa dipakai untuk sekolah Senin ini. Anak-anak di dusun ini sangat gembira mendapatkannya,” kata Silviana ketika berada di masjid dusun setempat.

Wakil Ketua IV, Baznas Kabupaten Jombang, Sugeng Santoso tak menyangka begitu besar antusias anak-anak. Meski tanpa diminta, mereka dengan sadar turut turun tangan membantu bersama-sama. Mengangkat barang-barang dari mobil untuk dibawa ke masjid. Lagi-lagi, semuanya penuh kegembiraan.

“Meskipun barang yang diangkat ukurannya lebih besar dari tubuh mereka, semua bergotong-royong dan tak menyerah membantu kita. Dalam bakti sosial di Banyuasin, kita bagikan 97 pasang sepatu baru untuk murid tingkat dasar hingga sekolah menengah. Semoga ini memberikan manfaat bagi mereka,” kata Sugeng.

Selain berbagi sepatu, bakti sosial Baznas yang bekerja sama dengan Klinik Mata EDC Mojoagung dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Jombang ini juga melakukan pengobatan gratis, pemeriksaan mata, serta deteksi dini katarak. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar