Peristiwa

Baru Dibangun, SDN Keting 2 di Jember Ambruk

Jember (beritajatim.com) – Atap galvalum bangunan ruang kelas 5 SD Negeri Keting 2 di Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember, ambruk, Sabtu (14/12/2019). Padahal ruang kelas itu baru saja direnovasi total.

Bangunan itu ambruk sekitar pukul 07.15 WIB. Situasi waktu itu tak ada angin dan hujan. “Hanya kemarin hujan. Jadi beban galvalum makin berat,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Jember Nurhasan.

Ambruknya atap ini tidak menimbulkan korban jiwa. Pasalnya pada saat itu, tidak ada satu pun siswa yang berada di dalamnya. Para siswa sedang berada di luar kelas mengikuti kegiatan latihan upacara. “Padahal ruang kelas itu digunakan untuk ujian selama tiga hari,” kata Nurhasan.

Ada dua banguan ruang kelas yang dibangun dengan dana Rp 296 juta dari APBD Jember 2019. Nurhasan mengatakan, pembangunan baru selesai dan hari ini adalah hari terakhir masa kontrak.

Sebelum ada bangunan ruang kelas baru, siswa kelas 5 dan 6 belajar di musala dan perpustakaan. Seharusnya setelah bangunan itu selesai dikerjakan, para siswa bisa belajar di sana. Namun karena atap ruang kelas 5 ambruk, ruang kelas 6 pun urung digunakan. Dua bangunan itu terpisah. “Kalau jadi satu, bisa ikut ambruk,” kata Nurhasan.

Nurhasan mengatakan kejadian itu di depan mata siswa. “Anak-anak bisa trauma,” katanya.

Dari hasil inspeksi mendadak, Nurhasan meragukan kualitas galvalum itu. “Kontraktornya siap mengerjakan lagi dalam waktu 10 hari,” katanya. (wir/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar