Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Banjir Bandang di Bojonegoro, Sejumlah Rumah Terdampak

Rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bojonegoro. Hujan disertai angin kencang dan petir yang berlangsung sekitar dua jam itu mengakibatkan banjir bandang di Desa Bobol Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro.

Banjir bandang terjadi akibat luapan Sungai Gandong turut Desa Deling, Kecamatan Sekar, yang menyebabkan beberapa rumah tergenang dan rusak. Luapan air berwarna kecoklatan yang membawa material lumpur, sampah, dan sejumlah ranting pohon itu mengakibatkan satu rumah warga rusak ringan dan enam lainnya tergenang.

“Sejumlah warga bergotong-royong melakukan pembersihan lumpur, dan rumah yang rusak sudah dievakuasi,” ujar Agen Bencana BPBD Jatim wilayah Kabupaten Bojonegoro Nurcholis, Kamis (11/11/2021).

Sementara diketahui, enam rumah yang terendam banjir bandang setinggi kurang lebih 20 centimeter itu terjadi di empat RT. RT 03, 07, 08, dan RT 11 Desa Sekar Kecamatan Sekar. Enam rumah yang terdampak banjir bandang diantaranya, milik Sutrisno, Suwaji, Sailan, Wiji, Sarikem, dan rumah milik Partomo. Sedang satu rumah yang alami rusak ringan, milik Supari, warga RT 11/RW 05.

“Petugas BPBD Bojonegoro, Satpol PP dan Pemdes sudah mengevakuasi rumah rusak dan pemantauan perkembangan kejadian di lokasi,” pungkasnya.

Sementara untuk membantu korban banjir bandang tersebut, Pemkab Bojonegoro melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan bantuan sembako bagi korban banjir di Desa Bobol Kecamatan Sekar.

Penyerahan bantuan dilakukan setelah BPBD menurunkan tim kaji cepat untuk melakukan asesment serta berkoordinasi dengan Forkopincam Kecamatan Sekar.

Kalaksa BPBD Kabupaten Bojonegoro Ardhian Orianto, mengatakan pasca terjadinya hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi Kamis, (4/11/2021) pukul 15.00 WIB di wilayah Kecamatan Sekar dan menyebabkan banjir. Hal ini disebabkan oleh meluapnya sungai di Kecamatan Sekar.

“Akibatnya membuat beberapa rumah warga yang dekat dengan sungai tergenang air sekitar 10 cm,” ucapnya.

Lebih lanjut, upaya penanganan BPBD yaitu melakukan assesmen dan tidak ada korban jiwa namun hanya beberapa rumah yang tergenang air, antara lain rumah milik Dilem alamat RT 18 RW 07 dusun Kaliklampok Desa Bobol; Rambi alamat RT 18 RW 07; Gono alamat RT 19 RW 07;, Lasiyem alamat RT 18 RW 07.

Sebagai wujud perhatian dan rasa kemanusiaan Pemkab Bojonegoro memberikan bantuan berupa paket sembako guna membantu meringankan beban korban bencana. “Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat meringkan beban korban pasca bencana alam ini,” ujarnya. [lus/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar