Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Akses Masuk ke Lokasi Bencana Erupsi Semeru di Supiturang Lumajang Mulai Dibatasi

Akses menuju lokasi terdampak erupsi Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, mulai dijaga ketat, Kamis (9/12/2021) pagi ini.

Lumajang (betitajatim.com) – Akses menuju lokasi terdampak erupsi Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, mulai dijaga ketat, Kamis (9/12/2021) pagi ini.

Masyarakat yang tidak berkepentingan, tidak diperkenankan memasuki Desa Supiturang ke arah dusun yang terdampak parah erupsi Semeru.

Wadanki Satbrimob Polda Jatim, IPDA Devi Krisyana yang menjaga portal di depan Balaidesa Supiturang mengatakan, pembatasan masuk ke wilayah Supiturang menuju dusun terdampak erupsi sesuai perintah Bupati Lumajang.

“Pembatasan ini kami lakukan atas instruksi Bupati Lumajang. Pertama alasannya untuk mempermudah akses petugas dan relawan untuk proses evakuasi warga terdampak,” ungkap Krisyana.

Kata dia, penjagaan dan screening di jalan masuk untuk menghalau masyarakat yang tidak berkepentingan. “Kita halau masyarakat yang tidak berkepentingan. Karena apa untuk memudahkan aktivitas petugas dan relawan menolong warga serta evakuasi barang,” tuturnya.

Akses menuju lokasi terdampak erupsi Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, mulai dijaga ketat, Kamis (9/12/2021) pagi ini.

Krisyana menjelaskan, penjagaan dan pembatasan akses masuk, untuk menghindari agar tidak ada pencurian. Pasalnya, masih banyak barang barang warga terdampak erupsi Semeru yang berada di dalam rumah.

“Barang berharga warga masih ada dirumah. Kita lakukan evakuasi biar tidak terjadi pencurian dan penjarahan, masyarakat yang tidak berkepentingan kita halau agar tidak masuk lokasi bencana,” ujarnya.

Ia menambahkan, hanya petugas TNI-Polri serta Relawan Bencana dan juga masyarakat setempat yang boleh masuk di kawasan terdampak. “Ada dua penjagaan, pos satu di depan Balaidesa Supiturang. Pos kedua di tugu Pancasila,” pungkasnya. (yog/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati