Peristiwa

1 Rumah di Poncol Magetan Diterjang Longsor

Magetan (beritajatim.com) – Hujan deras seharian yang mengguyur wilayah Magetan, Sabtu (5/11/2020) mengakibatkan  longsor di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol. Beruntung, Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, pemilik rumah hanya mengalami luka ringan.

Kalaksa BPBD Magetan Ari Budi Santosa mengatakan, peristiwa tanah longsor terjadi pada Sabtu petang. “Setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras sejak siang harinya. Rumah yang terdampak tanah longsor adalah milik Sulis,” kata Ari Budi.. Sabtu  (5/11/2020)

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, pemilik rumah hanya mengalami luka ringan. bangunan rumah tertimpa matrial longsor luasan kurang lebih panjang 20 meter tinggi 10 meter.

“Hujan seharian yang mengakibatkan tanah longsor panjang 20 meter tinggi 10 meter, yang mengakibatkan rumah bagian belakang atau kandang rusak total,” tegasnya.

Tindak lanjut yang akan dilakukan adalah melakukan kerja bhakti hari Minggu, 06 Desember 2020 di lokasi kejadian Tanah Longsor oleh BPBD Kabupaten Magetan, TNI/POLRI, potensi relawan, bersama masyarakat.

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan, bahwa puncak musim hujan diprakirakan berlangsung pada Januari 2021 di wilayah Jawa Timur. Ia mengatakan bahwa BMKG sudah menyampaikan peringatan dini mengenai potensi kejadian bencana selama musim penghujan seperti banjir dan tanah longsor.

“Identifikasi daerah abrasi, identifikasi infrastruktur berisiko dampak cuaca ekstrem dan banjir. Selain itu juga ada identifikasi daerah dan moda transportasi yang berisiko terdampak banjir,” tutup Teguh.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar