Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kediri Akan Dimulai Besok

Kediri (beritajatim.com) – Setelah tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri pada hari Senin (25/1/2021). Dinas Kesehatan telah melakukan koordinasi dengan tim komite penanganan Covid-19, dan hasilnya untuk progam vaksinasi Covid-19 pencanangannya akan dimulai besok (28/1/2021).

“Kami telah melakukan koordinasi dengan tim komite penanganan Covid-19, rencananya pencanangan vaksinasi akan dilakukan hari kamis besok,” ungkap dr. Bambang Triono, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Dokter Bambang menambahkan, untuk pelaksanaan suntik vaksinasi pertama, direncanakan akan dilakukan di Rumah Sakit Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri, sementara itu, dalam lounching tersebut terdapat sejumlah tokoh yang akan melakukan vaksinasi, yakni dari perwakilan Pemkab Kediri serta jajaran Forkopimda.

“Nantinya untuk lounchingnya terdapat sejumlah tokoh yang akan melakukan vaksinasi, dan lokasinya di RSUD SLG, yang dimulai pukul 09.00, dan sebelum dilakukan vaksinasi terdapat sejumlah tahapan, mulai dari pendaftaran, skrening, dilanjutkan dengan vaksinasi, dan observasi usai di vaksin, ” tambahnya.

Masih kata dokter Bambang, nantinya vaksin ini akan disebar di 68 Faskes yang ada di Kabupaten Kediri, yang terbagi atas 37 Puskesmas, 11 rumah sakit, dan 20 klinik kesehatan, sementara untuk pelaksanaan vaksinasi tahap satu ini ditargetkan akan selesai akhir Februari nanti, dan itu sudah meliputi vaksin kedua.

Untuk diketahui, tujuan utama vaksinasi dimasa pandemi ini yakni untuk menciptakan kekebalan komunitas atau herd immunitydan diharapkan dapat mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan, dan kematian akibat virus Corona.

Atas hadirnya vaksin ini, Pemkab Kediri menghimbau kepada masyarakat agar dapat mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi, dan masyarakat tidak perlu takut divaksin, karena sebelum digunakan vaksin Covid-19 telah diuji klinik dan BPOM telah mengeluarkan persetujuan penggunaan vaksinasi Covid-19 ini.

Pemerintah juga meminta masyarakat harus tetap disiplin menerapkan prokes 3M meski proses vaksinasi sudah dimulai. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar