Pendidikan & Kesehatan

Tambahan 6 Santri Positif, Pondok Gontor 2 Ponorogo Jadi Kluster Penularan Baru

Pondok Gontor Darusalam Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Setelah ada satu santrinya positif Covid-19, Rabu (8/7/2020) hari ini Bupati Ipong Muchlissoni kembali mengabarkan ada tambahan enam santri dari Pondok Modern Darusalam Gontor (PMDG) 2.

Pasien baru ini berasal dari berbagai daerah, antara lain dua orang dari Makassar (Sulawesi Selatan),  dan masing- masing dari Manado (Sulawesi Utara), Banjar (Kalimantan Selatan), Ternate (Maluku Utara) serta Gowa (Sulawesi Selatan).

“Mereka datang ke Ponorogo sekitar 3 minggu yang lalu, untuk melakukan ujian masuk pondok Gontor,” kata Ipong dalam rilis tertulisnya, Rabu (8/7/2020).

Ipong menyebut enam santri ini ke pondok dengan membawa surat keterangan kesehatan. Namun tanpa disertai hasil rapid test. Saat pengumuman penerimaan, mereka dinyatakan diterima di Pondok Gontor Cabang Ternate.

Bupati Ipong Muchlissoni (foto/Endra Dwiono)

Untuk persyaratan perjalanan ke Ternate, tanggal 2 Juli lalu, mereka melakukan pemeriksaan RDT dan dinyatakan reaktif, dan setelah dilakukan pemeriksaan PCR, hari ini keluar hasilnya dinyatakan positif.

“Saat ini keenam santri tersebut sudah menjalani isolasi di RSUD dr. Harjono,” katanya.

Untuk diketahui, dua hari lalu Ipong juga mengabarkan satu santri PMDG 2 terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan merupakan laki-laki umur 17 tahun asal Sidoarjo. Dia datang ke ponpes pada tanggal 17 Juni 2020. Saat itu yang bersangkutan tidak membawa surat keterangan pemeriksaan RDT. Nah pada tanggal 2 Juli lalu, dapat informasi dari Dinkes Provinsi Jawa Timur bahwa bapaknya yang berada di Sidoarjo dinyatakan positif Covid-19.

“Dengan adanya 7 santri yang positif, bisa dikatakan di Ponorogo ada kluster baru yakni kluster Pondok Gontor 2,” pungkasnya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar