Pendidikan & Kesehatan

Tambah Satu, Total 10 Dokter di Lamongan Meninggal Akibat Covid-19

Data Tim Mitigasi IDI Lamongan mengenai jumlah dokter yang terpapar Covid-19 di Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Kabar duka kembali menyelimuti dunia medis di Kabupaten Lamongan. Kali ini, bertambah satu lagi dokter di Lamongan yang gugur karena terpapar Covid-19, Jumat (16/7/2021). Diketahui, dokter yang meninggal dunia adalah dr. Kunadi Sp.S yang merupakan anggota IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Cabang Lamongan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lamongan dr Eko Wahyuhono saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ada satu lagi anggota IDI yang meninggal karena terpapar Covid-19, yakni dr Kunadi. “Iya, Dokter Kunadi meninggal dunia hari ini, Jumat (16/7/2021),” kata dr Eko Wahyuhono ketika dihubungi oleh wartawan.

Seiring mewabahnya virus Covid-19, Eko memaparkan, telah ada 10 dokter di Lamongan yang meninggal akibat terpapar Covid-19. Sepekan yang lalu, tepatnya pada Sabtu (10/7/2021), lanjut Eko, ada dua dokter di Lamongan yang juga telah gugur.

Dengan adanya kabar meninggalnya dr Kunadi, hal ini menambah deretan jumlah dokter di Lamongan yang terpapar Covid-19. “Total ada 10 dokter yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19 selama pandemi Covid-19,” sambungnya.

Sementara itu, berdasarkan data kumulatif yang dikumpulkan oleh IDI Lamongan, menurut Eko, sampai 16 Juli ini, tercatat sebanyak 121 dokter di Lamongan yang terpapar Covid-19. Rinciannya, 86 dokter dinyatakan sembuh, 25 dokter menjalani isolasi mandiri (isoman), dan 10 diantaranya meninggal.

Oleh karena itu, Eko terus mewanti-wanti kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan tetap disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

Meskipun perilaku taat prokes ini tampak sepele, kata Eko, tetapi hal itu mampu menghindarkan masyarakat dari tertularnya Covid-19. “Perilaku taat protokol kesehatan ini harus dilakukan semua anggota keluarga dan seluruh masyarakat,” pungkasnya. [riq/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar