Pendidikan & Kesehatan

Marak Pencurian di Kampus UTM Bangkalan, Mahasiswa Demo Polisi

Bangkalan (beritajatim.com) – Maraknya aksi kejahatan menjelang hari raya Idul Fitri di area pemukiman kawasan kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kabupaten Bangkalan, memicu adanya aksi sekelompok mahasiswa melakukan demo ke Mapolres Bangkalan, Kamis (29/4/2021).

Korlap aksi, Moh Umar mengatakan, maraknya aksi kejahatan merupakan cermin lemahnya keamanan yang dilakukan Polres Bangkalan. Sebab, selama bulan Ramadan terdapat 10 kasus pencurian yang dialami oleh mahasiswa.

“Selama bulan puasa ini sebanyak 8 motor hilang, dan beberapa laptop serta alat elektronik lainnya. Dan itu rata-rata punya mahasiswa UTM,” ungkapnya.

Dari 10 kasus itu, sebanyak 7 kasus sudah dilaporkan namun hingga kini belum ada perkembangan yang diterima oleh para korban. Sehingga, membuat para mahasiswa khawatir dan merasa tidak aman di lingkungan sekitar kampus. “Sampai saat ini belum ada perkembangan dari semua kasus yang sudah dilaporkan, bagaimana kami merasa aman?,” tambahnya.

Pihaknya juga menuntut agar kasus tersebut secepatnya diusut dalam kurun waktu satu bulan. Tak hanya itu, keamanan di lingkungan kampus juga harus ditingkatkan mengingat pada masa pandemi dan lebaran di wilayah tersebut cenderung sepi.

“Jangan sampai karena sepi itu menjadi kesempatan bagi para pelaku untuk terus melancarkan aksinya. Kami butuh adanya keamanan dan perlindungan dari pihak kepolisian,” ujarnya.

Ia juga mengatakan agar para pejabat kepolisian mundur jika kasus-kasus tersebut tidak berhasil diungkap dan tidak mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat terutama di lingkungan kampus UTM. “Kalau tidak mampu silahkan mundur,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto mengatakan saat ini seluruh laporan sudah dalam proses Lidik. “Untuk tim khusus nanti akan kami bentuk. Saat ini upaya patroli terus dilakukan dan kami juga fokus untuk pengamanan Pilkades, jadi setelah itu selesai tim akan kami siapkan,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, aksi kriminal cenderung meningkat saat menjelang lebaran. Sehingga perlu peran serta masyarakat agar kejahatan tersebut dapat terminimalisir.[sar/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar