Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ketua Orkem Untag Surabaya Dilantik

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya resmi melantik Ketua Organisasi Kemahasiswaan (Orkem) masa Bakti Januari sampai Desember 2022. Acara pelantikan diselenggarakan secara hybrid, bertempat di Meeting Room Gedung Graha Wiyata lt.1 Untag Surabaya.

Secara terbatas, pelantikan kepada 32 mahasiswa ini dihadiri oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) serta perwakilan calon ketua orkem, Presiden dan Wakil Presiden Badan Ekskutif Mahasiswa Universitas (BEM-U), Ketua dan Wakil Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Ketua dan Wakil Badan Koordinasi Kegiatan Unit Mahasiswa (BKK-UKM) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Wakil Rektor II – Dr. Abdul Malik, MM., membacakan Surat Keputusan Rektor 028/SK/R/I/2022 tentang Pengesahan Ketua Organisasi Kemahasiswaan di Tingkat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Prosesi pelantikan langsung secara resmi dilakukan oleh Wakil Rektor I – Ir. Harjo Seputro, S.T., M.T. kepada perwakilan ketua orkem yakni Fadil Gheantoro sebagai Presiden BEM dan Khotibul Umam sebagai Wakil Presiden BEM Untag Surabaya beserta ke empat perwakilan lainnya serta diikuti seluruh anggota perwakilan orkem lainnya melalui sambungan virtual.

Dalam kesempatan yang sama diberikan pengarahan serta pembekalan oleh Wakil Rektor I Untag Surabaya – Harjo Seputro, ST., MT. Menurutnya dengan sinergi yang kuat antar organisasi kemahasiswaan sangat diperlukan, untuk untuk tercapainya prestasi yang meningkat. “Harapannya, dengan keharmonisan antar organisasi dapat berkolaborasi satu dengan yang lainnya demi meraih prestasi bersama, baik secara individu maupun organisasi,” harap dosen Fakultas Teknik ini.

Harjo Seputro menambahkan, setiap mahasiswa tidak terkungkung untuk berprestasi di Organisasi Kemahasiswaannya sendiri sesuai karakteristik organisasinya, melainkan bisa secara individu untuk berprestasi dibidang lain seperti akademik sehingga baik prestasi individu maupun organisasi kemahasiswaan bisa diraih bersama.

Mekanisme dalam pemilihan Ketua Orkem tingkat universitas, fakultas, maupun program studi (prodi) sepenuhnya dipercayakan kepada mahasiswa. Karena setiap orkem memiliki kriterianya masing-masing.

“Mekanisme pemilihan kriteria menjadi ketua di setiap organisasi kemahasiswaan entah di tingkat prodi, fakultas maupun universitas itu dipercayakan pada masing-masing mahasiswa, karena yang mengetahui kriteria orkemnya seperti apa dan bagaimana, adalah mahasiswa. Yang terpenting mahasiswa tersebut aktif,” pungkas Kepala BKA – Kusnan, S.AP, M.KP.

Sementara itu, kedepan BEM Universitas akan bersinergi dengan BEM Fakultas maupun Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi untuk fokus pada pengembangan akademik seraya melaksanakan program kerja non akademik.

“Ada beberapa program kerja baik akademik maupun non akademik. Setelah berdiskusi bersama BKA, selain event-event non akademik yang harus dikembangkan, kita juga harus berfokus pada pengembangan akademiknya itu sendiri, dan saya juga ingin menumbuhkan rasa memiliki dan kekeluargaan menjadi nilai penting dalam melaksanakan program kerja nantinya,” ujar mahasiswa fakultas hukum. [adg/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar