Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Kekuatan Pembarong Reog Ponorogo Bikin Warga Belgia Takjub

Ponorogo (beritajatim.com) – Kekuatan para Pembarong Reog Ponorogo bikin warga Belgia takjub. Para pembarong itu unjuk kemampuan di ajang festival budaya Indonesia yang digelar di Library Kris Lambert, Kota Oostende, Belgia, pada Sabtu pekab lalu.

Ini merupakan festival budaya kedua yang dijalani para seniman Reog Ponorogo tersebut. Sebelumnya, 14 seniman Reog Ponorogo membuat warga Belanda terpukau di event Tong-tong Fair.

Pementasan Reog Ponorogo nampaknya menjadi daya tarik terbesar dalam kegiatan itu. Bagaimana tidak, tampak ratusan orang berkumpul di halaman taman perpustakaan terbesar di Oostende itu.

Melihat kesenian tradisional asal Ponorogo itu menjadi kesempatan pertama bagi sebagian besar warga Belgia.

“Luar biasa, kita bisa melihat semua otot penari (pembarong) benar-benar digunakan,” kata Scott, salah satu warga Belgia yang melihat pementasan Reog Ponorogo, dalam keterangan tertulis diterima beritajatim.com dari Dinas Kominfo Ponorogo.

Scott sangat terkesan dengan skill dan kekuatan penari topeng Reog Ponorogo khususnya penari dadak merak. Dia mengaku telah beberapa kali berkunjung ke Indonesia namun belum sekalipun menjumpai pertunjukan Reog Ponorogo. Ia mengatakan bahwa pementasan Reog Ponorogo menurutnya sangat fantastis.

“Kita bisa lihat ada banyak gerakan-gerakan yang dinamis di dalam aksi pementasan Reog Ponorogo, dan itu fantastis,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh penonton yang lain bernama Ria. Selama pementasan Reog Ponorogo, Ria sangat terkesan dengan warna-warni dari kostum pemain Reog Ponorogo. Saking terkesimanya, Ria ingin pertunjukan seni Reog Ponorogo bisa lebih sering tampil di Belgia.

“Pertunjukannya sangat bagus sekali. Saya berharap grup seni Reog Ponorogo bisa lebih sering tampil disini (Belgia-red). Saya kira akan banyak orang yang tertarik untuk melihatnya juga,” pungkas Ria.

Selain tampil di Kota Oostende, belasan seniman Reog Ponorogo akan kembali lagi tampil di negara pemain Manchester City, Kevin de Bruyne itu. Yakni pada Minggu sore lalu, Reog Ponorogo dijadwalkan akan kembali pentas di Place de la Monnaie, Kota Brussels. [end/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar