Pendidikan & Kesehatan

Kecuali Kedokteran, Semua Fakultas Universitas Brawijaya Tetap Daring

Sitas rsit
Universitas Brawijaya Malang.

Malang(beritajatim.com) – Tingginya angka penyebaran Covid-19 termasuk di wilayah Malang Raya. Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof. Dr. Nuhfil Hanani memutuskan perkuliahan tetap dalam jaringan (daring). Kecuali Fakultas Kedokteran kuliah dimodifikasi daring dan luar jaringan (luring).

“Kita sudah mengambil sikap dan keputusan kalau perkuliahan tetap daring. Indikatornya adalah pandemi ini berakhir atau belum. Selama belum berakhir, maka perkuliahan dilakukan secara daring. Perkuliahan mulai Februari, belum ada jaminan pandemi akan berakhir, sehingga UB mengamhil keputusan daring,” kata Nuhfil, Kamis, (7/1/2021).

Nuhfil mengatakan, Fakultas Kedokteran menggunakan dua metode karena mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan praktikum. Dekan di Fakultas Kedokteran Hewan, Kedokteran Gigi dan Pendidikan Kedokteran akan mengatur mekanismenya.

“Fakultas kedokteran yang harus ada praktikum tidak bisa daring sehingga perkuliahan dilakukan sistem campuran daring dan luring. Akan tetapi pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan super ketat,” ujar Nuhfil.

UB mengeluarkan Surat Edaran Nomor 9667/UN10/PP/2020, tentang pelaksanaan perkuliahan semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang ditandatangani oleh Rektor UB pada 8 Desember 2020 lalu. Dalam SE itu, menyatakan bahwa proses perkuliahan dilakukan secara daring.

Untuk Fakultas Kedokteran kampus menerapkan sistem blended learning atau campuran antara pembelajaran daring dan luring, namun diiringi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Kemudian harus mendapat persetujuan dari orangtua.

“Mahasiswa yang melakukan penelitian secara tatap muka ini harus memenuhi persyaratan khusus, salah satunya wajib mendapat persetujuan orang tua atau pun penanggung jawabnya. Selain itu protokol kesehatan dipastikan dilakukan sangat ketat. Sementara fakultas lain selama bisa dilakukan secara daring ya harus daring,” tandasnya. (Luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar