Pendidikan & Kesehatan

Jelang HUT ke-75 RI, Stok Darah di Pamekasan Sisa 263 Kantong

Aksi donor darah dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Gedung Bhayangkara Polres Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia (RI), stok darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, tersedia sebanyak 263 kantong, Minggu (16/8/2020).

“Ketersediaan stok darah untuk saat ini tersedia sebanyak 263 kantong, meliputi sebanyak 34 golongan darah jenis A, 132 kantong jenis B, 72 kantong golongan darah O, serta sebanyak 25 kantong untuk jenis AB,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah kepada beritajatim.com.

Bahkan ketersediaan stok darah dengan tersebut, diprediksi hanya cukup untuk sepekan kedepan. Sehingga pihaknya tetap berupaya untuk mengantisipsi kekurangan atau bahkan kekosongan stok darah di unit yang dipimpinnya, salah satunya dengan menerapkan upaya ‘jemput bola’ melalui program Mobile Unit atau Donor Darah Mobil.

“Untuk sementara jumlah ini aman hingga 5 atau 7 hari kedepan, sekalipun dalam dua hari ini kosong kegiatan karena tanggal merah. Tetapi kegiatan Mobile Unit tetap kita genjot untuk mengantisipsi kekurangan atau bahkan kekosongan,” ungkapnya.

Bersamamu dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 RI, Senin (17/8/2020) besok. Aksi donor darah akan dilaksanakan di Kelurahan Patemon, Kecamatan Pamekasan. “Jadi melalui progam Mobile Unit ini, nantinya kita akan datang ke tempat-tempat donor dengan menggunakan kendaraan fungsional,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebelum memasuki masa libur sejak Sabtu (15/8/2020) kemarin. Stok darah di UTD PMI Pamekasan terdata sebanyak 332 kantong. Namun seiring libur dan tanpa adanya tambahan aksi donor darah, saat ini hanya tersisa sebanyak 263 kantong. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar