Pendidikan & Kesehatan

Info Covid-19 di Jatim Meledak Dipastikan Hoaks

Tangkapan Layar hoax kasus Covid Meledak di Jawa Timur.

Magetan (beritajatim.com) – Beredar pesan berantai di aplikasi pesan WhatsApp yang menyebut jumlah kasus Covid-19 di beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur meledak. Di Magetan disebutkan ada penambahan 300 kasus Covid-19.

“Itu hoaks, menurut data kami per tanggal 13 Mei hanya ada 8 penambahan konfirmasi positif di Magetan,” kata Kadis Kominfo Magetan Cahaya Wijaya kepada beritajatim.com, Jumat (14/5/2021).

Cahaya menjelaskan, jumlah kasus dalam pesan yang beredar tersebut juga cenderung menyesatkan karena berbeda dengan rilis kasus harian yang dikeluarkan gugus tugas Covid-19 Jawa Timur, yang menyebutkan kasus positif, kasus meninggal, dan kasus sembuh.

“Masyarakat harus bijak menyikapi berita dan wajib konfirmasi dahulu, jangan meneruskan berita yang tidak jelas sumbernya,” ujarnya.

Menurutnya, berita hoax bisa menimbulkan efek negatif dan gejolak di masyarakat. Ia juga mengecam penyebar hoax kasus corona virus disease meledak di Jawa Timur tersebut.

“Apapun bisa jadi efek negatif dari pemberitaan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat Magetan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan menghindari berkerumun atau risiko lainya dan mentaati aturan larangan mudik.

“Mengingat pengalaman sebelumnya setelah liburan terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi. Contoh kasus pada bulan Januari naik setelah libur akhir tahun,” tandasnya. [ade/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar