Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

4.500 Santri Ponpes Darul Huda Mayak Suntik Vaksin Sinovac Dosis Pertama

Para santri sedang melakukan vaksinasi(foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 4.500 dosis vaksin Sinovac bakal disuntikkan kepada santriwan dan santriwati di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Huda Mayak. Vaksinasi dosis pertama itu, rencananya digelar selama tiga hari di komplek ponpes tersebut.

“Untuk hari pertama ini, kita targetkan bisa menyuntik vaksin Sinovac kepada 1.500 santri. Kemudaian hari kedua bisa 2.000 santri dan dihari ketiga sebanyak 1.500 santri,” kata Dandim 0802 Ponorogo Letkol INF Muhamad Radhi Rusin, Rabu (25/8/2021).

Para santri, kata Radhi menjadi salah satu kelompok umur 12 tahun keatas yang prioritas mendapatkan vaksin. Untuk merealisasikannya, dukungan dari Panglima TNI mendaratkan vaksin Sinovac sebanyak 15 ribu dosis untuk ponpes yang ada di Ponorogo. “Data kami di Ponorogo itu ada 22. ribu santri. Nah pada tahap awal ini, kiriman vaksin dari Panglima TNI sebanyak 15 ribu dosis,” katanya.

Dipilih Ponpes Darul Huda Mayak yang pertama dilakukan vaksinasi, kata Radhi ponpes yang berada di Kelurahan Tonatan itulah yang paling siap. Sebab, santri kan berumur 12 tahun keatas, tentunya untuk melakukan vaksinasi harus seizin orangtuanya dulu. “Di Ponpes Darul Huda ini ortunya paling cepat yang memberikan persetujuan. Jadi vaksinasi bisa segera dilaksanakan,” katanya.

Setelah dari Ponpes Darul Huda Mayak, Kodim 0802 Ponorogo juga akan menyasar santri-santri dari ponpes lain. Itu dilakukan sesuai harapan Panglima TNI yang menginginkan seluruh ponpes di Jatim vaksinasinya bisa terealisasi. “Dorongan awal ini 50 persen, yakni 15.000 dosis vaksin. Nanti juga akan gelombang berikutnya untuk vaksinasi santri,” pungkasnya.

Sementara itu pimpinan atau pengasuh Ponpes Darul Huda Mayak K.H. Abdus Sami’ Hasyim mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0802 Ponorogo atas vaksin yang diberikam kepala santrinya. Tentu, jika santri sudah divaksin akan mendukung dalam kegiatan ponpes.

“Alhamdulillah orang tua santri juga mendukung. Semoga bisa bermanfaat di kegiatan belajar di Ponpes Darul huda Mayak nantinya,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar