Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Tipu Kades, Polisi Ringkus Wartawan Abal-Abal di Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Imbas gara-gara menipu puluhan kepala desa (Kades), wartawan abal-abal di Gresik, Gugus Suprianto (40) diringkus aparat penegak hukum. Dalam aksinya, pelaku ini mengaku sebagai wartawan yang bertugas di Surabaya, Gresik, dan Lamongan.

Kasus penipuan ini bermula pada 16 Maret 2021. Pelaku atas nama Gugus Suprianto mendatangi korban, yakni Kepala Desa Kramat, Kecamatan Duduksampeyan, M.Fauzi.

Saat bertemu, pelaku mengintimidasi korban dengan sejumlah ancaman. Bahkan, korban akan dilaporkan kejaksaan atas tuduhan korupsi.

Merasa diancam akan dilaporkan, M.Fauzi langsung memberikan uang sebesar Rp 3 juta. Tetapi, pelaku menolak. Pelaku meminta dengan jumlah yang cukup besar sambil memberikan nomor rekening. “Pelaku terus mengancam agar korban segera mentransfer uang ke nomor rekening yang telah diberikan,” ujar Kapolsek Duduksampeyan AKP Bambang Angkasa, Jumat (1/10/2021).

Perwira pertama polisi itu menjelaskan karena korban tidak segera mentransfer uang, pelaku kemudian mengancam korban sambil mengirim pesan singkat atau SMS. “Kalau tidak segera transfer uang akan saya laporkan ke kejaksaan dan hari Senin kamu pasti dipanggil ke kejaksaan,” imbuhnya.

Korban yang merasa cemas dan ketakutan, tanpa berpikir panjang mentransfer uang sejumlah Rp 10 juta ke rekening pelaku. “Korban kemudian melapor kejadian ini lalu ditindaklanjut. Pelaku berhasil ditemukan di sebuah rumah kos di Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti. Pelaku ditangkap tanpa perlawanan,” ujar Bambang Angkasa.

Atas perbuatannya ini, pelaku dijerat pasal berlapis yaitu 368 ayat (1) KUHP atau pasal 369 ayat (1) KUHP tentang pemerasan dan ancaman pencemaran nama baik dengan lisan maupun tulisan.

Sementara pelaku Gugus Suprianto mengaku baru pertama melakukan aksi pemerasan. Hal itu dilakukan lantaran untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. “Saya menyesal pak tidak akan mengulangi perbuatan ini lagi,” pungkasnya. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar