Hukum & Kriminal

Tak Pakai Masker, Dua Santri di Sampang Disanksi Baca Doa

Sampang (beritajatim.com) – Perkuat kesadaran masyarakat tentang bahaya penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid 19), Tim Gugus Tugas Covid-19 gencar melakukan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan.

Operasi Yustisi tersebut tujuannya memberikan imbauan kepada para pengendara Roda Dua (R2) ataupun Roda Empat (R4) untuk menggunakan masker. Sedangkan sanksi bagi yang tidak menggunakan masker yaitu membaca surat-surat pendek Al-quran.

Seperti yang dialami oleh dua santri yang kedapatan tidak menggunakan masker, mereka disanksi untuk membaca doa keselamatan. Kapolres Sampang, AKBP Abdul Hafidz mengatakan, dalam giat operasi yustisi penegakan disiplin protokol keaehatan kali ini , ditemukan masih banyak warga yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

“Bagi warga yang melanggar protokol kesehatan kami berikan tindakan berupa sanksi teguran. Namun, ke depannya akan ada sanksi administrasi,” terang Abdul Hafidz, Senin (14/9/2020).

Ia menambahkan, penindakan ini bentuk implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2020 dan sesuai Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 53 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

“Kami berharap dengan sanksi ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, salah satunya yakni menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, karena pandemi Covid-19 belum berakhir,” pungkasnya.[sar/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar