Hukum & Kriminal

Sering Tipu Wanita di Facebook, Aksi Dion Berakhir di Tangan Polwan

Surabaya (beritajatim.com) – Dion Prayoga (50), pria asal Tambak Asri Surabaya ini terkenal licik. Bagaimana tidak, pelaku penipuan dan pencurian ini mencari korbannya melalui sosial media. Usai mengenal korban dan berhasil meyakinkannya, pelaku mencari celah untuk menemui korban dan mencuri barang miliknya.

Untungnya aksi pelaku berakhir setelah masuk perangkap petugas yang menyamar, Kamis (15/07/2020) lalu. Kanit Reskrim Polsek Gayungan Ipda Hedjen menuturkan, modus tersangka yakni mengajak kopi darat (ketemuan) setelah berkenalan melalui media sosial facebook. Terakhir, tersangka melakukan pencurian dan penipuan terhadap teman yang baru dikenalnya (korban) melalui jejaring media sosial facebook.

“Pelaku selalu mencari sasarannya di dunia maya. Saat bertemu, korban diminta untuk berbelanja di Indomaret. Tetapi tas korban tetap berada didalam mobil yang dikendarai tersangka. Setelah korban masuk, tersangka langsung meninggalkan lokasi,” ujarnya, Jumat (17/7/2020).

Karena merasa tertipu, korban pun melaporkan kejadian tersebut melalui media pemberitaan. Hingga akhirnya kasus tersebut diteruskan ke Polrestabes Surabaya.

Selang 3 Minggu menjadi buronan, akhirnya tersangka terpancing keluar oleh polwan yang menyamar. Sampai akhirnya pelaku pun dibekuk polwan cantik bersama petugas Satreskrim Polsek Gayungan.

“Anggota yang menyamar, mengajak tersangka untuk bertemu (kopi darat). Janjiannya di salah satu mall di Surabaya. Sampai di lokasi janjian, pelaku kita amankan saat akan meninggalkan mall tersebut,” lanjut Hedjen.

Dari pengakuannya, tersangka telah melakukan aksinya sebanyak 15 kali. Memakai modus yang sama, yakni berkenalan melalui facebook. Pelaku mencari korban dan mengambil barang bawaan korban yang berharga.

“Hasil dari aksinya, digunakan oleh untuk foya foya dan modal untuk menggaet korban selanjutnya. Tersangka akan kita jerat dengan Pasal 362 jo 378 KUHP,” tegasnya. (man/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar