Hukum & Kriminal

Polisi Pura-pura Jadi Pembeli Ayam untuk Tangkap Pencuri Kambing

Petugas kepolisian dari Polsek Tuban, Polres Tuban yang berhasil mengamankan pelaku pencurian bersama barang bukti kambing hasil curiannya.

Tuban (beritajatim.com) – Petugas kepolisian dari jajaran Polsek Kota Tuban, Polres Tuban berhasil mengungkap kasus pencurian hewan ternak berupa Kambing milik warga yang selama satu minggu terakhir terjadi di dua desa di Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Dalam pengungkapan kasus pencurian Kambing ternak itu petugas Polsek Kota Tuban itu mengamankan pelaku yang telah tiga kali beraksi di Desa Sugiharjo dan Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Tuban itu. Pelaku berhasil diamankan bersama dengan barang bukti Kambing yang berhasil dicuri.

Data yang dihimpun beritajatim.com, pelaku bernama Sutikno (25), warga Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Pemuda tersebut berhasil dibekuk dirumahnya setelah petugas dari Sat Reskrim Polsek Kota Tuban menyamar menjadi pembeli ayam dan mendatangi rumah pelaku.

Penangkapan kasus pencurian hewan ternak itu berawal saat pihak Polsek Tuban mendapatkan laporan adanya Kambing milik warga dua desa tersebut yang hilang berturut-turut. Pelaku beraksi pada Hari Minggu, hari Senin, dan juga Hari Rabu pekan lalu.

“Awal mula kejadian pada hari Minggu pekan lalu di Desa Sumurgung telah terjadi pencurian satu ekor kambing milik saudari Nur Aeni. Selanjutnya pada hari Senin dan Rabu terjadi lagi di tempat lainya,” terang AKP M Geng Wahono, Kapolsek Tuban, Polres Tuban, Selasa (31/8/2021).

Mendapatkan laporan adanya pencurian yang berturut-turut itu anggota dari Polsek Tuban langsung bergerak cepat melakukan penyelidikan. Dari proses penyelidikan tersebut, petugas akhirnya mendapatkan informasi dan mencurigai seorang pemuda yang merupakan warga Desa Boto, Kecamatan Semanding, Tuban itu.

“Selanjutnya setelah ada informasi kemudian dilakukan pengintaian dan pengecekan di rumah orang yang kita curigai itu dengan alasan hendak membeli ayam. Pada saat di lokasi anggota mendapati kambing dengan ciri-ciri yang sama dengan kambing yang hilang itu berada di kandang milik orang tua pelaku,” sambung Kapolsek Kota Tuban itu.

Setelah menemukan barang bukti kambing yang telah hilang dicuri itu, petugas akhirnya membawa pelaku ke rumah RT untuk dilakukan introgasi. Kemudian akhirnya pemuda yang bernama Sutikno itu mengakui perbuatannya telah mengambil tiga ekor kambing tersebut milik warga Desa Sugiharjo dan Desa Sumurgung, Kota Tuban itu.

“Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsek Tuban guna dilakukan penyidikan lebih lanjut. Adapun barang bukti yang berhasil kita amankan berupa 2 ekor Kambing Jantan dan 1 ekor Kambing Betina,” pungkasnya. [mut/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar