Hukum & Kriminal

Dua Pelaku Curanmor Dibekuk, Modusnya Berpura-pura Cari Burung

Tuban (beritajatim.com) – Anggota Sat Reskrim Polres Tuban meringkus dua orang komplotan pelaku pencurian sepeda motor yang beraksi di wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Senin (15/3/2021).

Dari penangkapan kedua pelaku yang sudah beraksi selama sekitar satu tahun lebih itu, petugas mengamankan 8 unit sepeda motor yang telah dicuri pelaku.

Data yang dihimpun beritajatim.com, kedua pelaku adalah Noris Sudratama (32), warga Desa Lerankulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dan Supri (28), warga Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang, Tuban. Dari catatan kepolisian, keduanya juga pernah mendekam di sel tahanan karena kasus penganiayaan.

Pengungkapan kasus pencurian dengan modus pelaku mencari burung itu berawal saat keduanya telah melakukan pencurian sepeda motor milik Umarto (44), warga Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Tuban. Yang mana sepeda motor Supra X 125 milik korban tersebut hilang saat di depan rumah korban pada akhir Februari 2021 lalu.

“Awalnya kita mendapatkan laporan dari korban pada akhir Februari 2021 kemarin. Kemudian anggota melakukan penyelidikan dan Alhamdulillah akhirnya bisa mengungkap kasus ini dan menangkap kedua pelaku ini,” terang AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban saat melakukan press release penangkapan kasus curanmor itu.

Kapolres menjelaskan, bahwa saat melakukan penyelidikan itu, anggota Sat Reskrim Polres Tuban mendapatkan informasi jika terdapat seseorang yang akan melakukan penjualan sepeda motor dengan ciri-ciri seperti sepeda motor korban yang hilang itu. Sehingga petugas akhirnya berhasil menangkap pelaku yang bernama Noris Sudratama dengan barang bukti sepeda motor Supra X 125 dengan ciri-ciri stip merah putih itu.

“Memang pelaku setelah berhasil melakukan pencurian langsung menjual sepeda tersebut. Biasanya pelaku melakukan aksinya sendiri, tetapi pada saat melakukan pencurian di tempat yang terakhir itu pelaku mengajak temannya ini,” tambahnya.

Setelah Noris berhasil ditangkap, petugas kemudian melakukan pengembangan dan kemudian berhasil menangkap temannya yang bernama Supri yang ikut mencuri sepeda motor Supra X 125 itu. Kemudian petugas melakukan pengembangan dan diketahui bahwa pelaku tersebut telah sebanyak delapan kali melakukan pencurian sepeda motor sejak tahun 2019 lalu.

“Semua aksi pencuriannya dilakukan di wilayah Kecamatan Palang, karena keduanya ini orang Palang juga. Modusnya pelaku dengan membawa senter dan berpura-pura mencari burung pada waktu tengah malam,” ungkap AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar