Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Detik-detik Pembunuhan Bagus Mahasiswa Kedokteran UB Malang, Ditodong Pistol Mainan Lalu Dibekap

Polda Jatim menggelar hasil ungkap pembunuhan terhadap mahasiswa UB Malang.

Surabaya (beritajatim.com) – Sebelum melakukan pembunuhan terhadap mahasiswa kedokteran Universitas Brawijaya, Bagus Prasetya Lazuardi (25), ZI ternyata sempat mengancam korban. Dia menggunakan pistol mainan dengan tujuan menakut-nakuti.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur, Ajun Komisaris Besar Ronald Ardiansyah Purba, mengatakan fakta ini didapat saat rekonstruksi. Setelah mengancam korban, kata dia, pelaku membunuh Bagus dengan cara membekapnya menggunakan tas kresek.

Ronald mengatakan terungkapnya kasus ini bermula dari penemuan mayat yang sudah dalam kondisi membusuk di Pasuruan. Polres Pasuruan melakukan identifikasi lalu melibatkan Jatanras Polda Jatim melakukan penyidikan bersama.

Hasilnya terungkap jasad tersebut adalah korban pembunuhan. Polisi pun bergerak cepat melacak terduga pelaku.

“Setelah dilakukan penyidikan, maka diperoleh satu tersangka yakni ZI. Untuk saat ini pelaku masih tunggal, ZI ini memiliki hubungan atau kenal dengan korban karena korban adalah pacar dari anak tiri dari ZI,” ujar Ronald dalam jumpa pers, Senin (18/4/2022).

Selain itu, lanjut Ronald, korban sering dimintai uang oleh tersangka. Terakhir, saldo di rekening korban dipindah ke rekening tersangka.

“Motif lain, ayah tiri pacar korban memiliki rasa suka pada anak tirinya,” ujar Ronald.

Untuk menjalankan niat jahatnya, pelaku mengajak korban bertemu di sekitar Malang. Saat di dalam mobil korban, pelaku melancarkan aksinya dengan membekapkan tas kresek ke kepala Bagus.

Korban mengalami kesulitan bernapas. Untuk mempercepat kematian, pelaku menekan dada korban ke jok mobil.

“Pelaku kemudian membuang mayat korban dan mengambil semua identitas korban,” ujarnya.

Polisi kemudian menyita sepeda motor pelaku, sebuah palu untuk memecahkan handphone korban. [uci/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar