Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Hari Pariwisata Sedunia

Pemkab Lamongan Launching Gerakan AyoDolenNangLamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Bertepatan dengan Hari Pariwisata Sedunia 2021, Pemerintah Kabupaten Lamongan melaunching Gerakan AyoDolenNangLamongan. Hal itu dimaksudkan agar sektor pariwisata di Kabupaten Lamongan dapat bangkit dan bergairah kembali pasca pandemi Covid-19.

Acara launching tersebut diresmikan secara langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, bertempat di Marina Cafe Wisata Bahari Lamongan (WBL) Paciran Lamongan, pada Senini (27/9/2021). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf, Jajaran Forkopimda Lamongan, dan sejumlah OPD Pemkab Lamongan.

Suasana saat launching gerakan AyoDolenNangLamongan di Marina Cafe, Wisata Bahari Lamongan (WBL), Senin (27/9/2021).

“Alhamdulillah, di Lamongan banyak wisata bagus yang kita miliki, sumbangsinya untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bagus. Setelah pandemi, kita sedang memulai kehidupan normal, termasuk menggairahkan kembali kehidupan pariwisata. Tentu, akan kita persiapkan dengan sebaik-baiknya, baik yang dimiliki oleh Pemkab Lamongan dan Pemerintah Desa maupun elemen lain,” ungkap Bupati YES, sapaan Bupati Lamongan dalam sambutannya.

Dengan adanya gerakan AyoDolenNangLamongan itu, Bupati YES menargetkan, bahwa nantinya akan ada banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Lamongan. Selain itu, demi mendukung kebangkitan sektor pariwisata, menurut Bupati YES, Pemkab Lamongan juga telah mencanangkan Program Ramasinta, yakni Pariwisata ramah dan terintegrasi.

“Ke depan, kita terus meningkatkan pariwisata, program kami ke depan yang sudah tertuang dalam RPJMD adalah Ramasinta, yakni wisata yang ramah dan terintergrasi, itu artinya menjadikan apapun dari setiap sektor yang ada di Lamongan untuk bisa dikolaborasikan dengan pariwisata, mulai dari pertanian dengan agrowisatanya, olahraga, hingga kuliner, dan lain-lain,” tuturnya.

Oleh karena itu, Bupati YES mengajak semua pihak di Lamongan untuk bersama-sama menggelorakan semangat dalam membangun sektor pariwisata. Sehingga sektor pariwisata di Lamongan bisa menyokong dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Untuk itu mari semangat, mari menjadikan pariwisata ini sebagai andalan sumber PAD Lamongan. Pariwisata juga harus berbasis dengan norma budaya, tidak boleh bertentangan dengan budaya setempat. Pariwisata yang ada harus berbasis lingkungan, jangan sampai justru mengganggu kelestarian lingkungan, dan terakhir harus berbasis norma masyarakat, nantinya pariwisata ini dimanfaatkan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Lebih jauh, Bupati YES berharap, gerakan AyoDolenNangLamongan ini bisa menjadi pemicu kebangkitan dan menggairahkan kembali pariwisata di Lamongan. Sebagai informasi, dalam acara launching ini juga ditampilkan Tarian Boran Lamongan, serta sejumlah penghargaan yang diberikan kepada para pegiat yang ikut serta membantu dalam mempublikasikan potensi wisata di Lamongan.

“Mari kita beritahukan kepada masyarakat luas, bahwa banyak potensi wisata yang bisa digali dan dikunjungi. Selamat Hari Pariwisata Sedunia, dengan mengucapkan bismilahirahmanirrahim, saya launching gerakan AyoDolenNangLamongan. Mudah-mudahan gerakan ini akan membangkitkan dan menggairahkan pariwisata kita,” harapnya. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar