Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Disparbud Magetan Prediksi 10.000 Orang Kunjungi Telaga Sarangan Dalam Sehari

Suasana Wisata di Telaga Sarangan di libur lebaran, Selasa (3/5/2022) (foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Kunjungan ke Telaga Sarangan diperkirakan mencapai 10.000 pengunjung dalam sehari. Khususnya di tanggal 3 Mei 2022 dan 4 Mei 2022 yang diprediksi jadi puncak kunjungan wisata di telaga berjuluk Telaga Pasir itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan Joko Trihono mengungkapkan saat per pukul 12.00 tanggal 3 Mei 2022 kunjungan wisata sudah mencapai 5.000 orang lebih.

“Saya prediksi sampai sore nanti bisa mencapai 10.000 pengunjung. Saat ini pengunjung masih keluar masuk. Arus menuju ke sini juga masih lancar. Pengunjung yang masih di dalam telaga saat ini sekitar 3.000-an,” kata Joko pada beritajatim.com, Selasa (3/5/2022).

Dia menerangkan untuk kapasitas maksimal Sarangan masih bisa menampung hingga 20.000 namun, pihaknya tetap membatasi yakni maksimal hanya sampai 15.000. Selain demi kenyamanan pengunjung, diharapkan dengan pembatasan, kunjungan ke lokasi wisata yang lain bisa lebih merata.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Magetan itu menyebut ada empat destinasi wisata favorit di Magetan. Selain Sarangan ada Taman Wisata Genilangit, Mojosemi Forest Park, dan Kebun Refugia. Jika empat lokasi itu sudah hampir penuh, maka akan segera disiarkan ke radio agar calon pengunjung tahu dan segera memilih lokasi wisata yang lain.

“Tidak menutup kemungkinan kalau ada sistem buka tutup. Tergantung dari kondisi kunjungan wisata. Kami sudah membangun koordinasi dengan pengelola wisata di daerah penyangga, agar bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi kunjungan tak hanya terpusat di empat lokasi,” katanya.

Joko menargetkan sepanjang tanggal 3 Mei 2022 hingga 7 Mei 2022 kunjungan wisata bisa merata. Segala persiapan sudah dilakukan. Selain meratakan jumlah kunjungan wisata, dia mengharap dengan adanya kunjungan ke wisata penyangga arus lalu lintas tidak terhambat.

Selain itu, dia meminta kepada seluruh pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Utamanya tetap memakai masker saat berkunjung ke lokasi wisata dan tidak berkerumun di satu tempat. Pun, bagi pengunjung yang belum menjalani vaksinasi bisa menjalani vaksinasi di gerai vaksin yang sudah tersedia. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar