Berita Migas

Nataru, BBM Laris Manis di Tol Trans Jawa

Surabaya (beritajatim.com) – Satgas Natal dan Tahun Baru Pertamina wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara mencatat peningkatan konsumsi di berbagai jenis produk Perta-series. Konsumsi Pertalite naik 7% dan Pertamax naik 4%.

Tak hanya itu saja golongan Dex-series seperti Dexlite juga naik 14% dan Pertamina Dex naik sebesar 28%. Tersambungnya jalan tol Trans Jawa dari Jakarta–Surabaya hingga ke Malang dan Probolinggo ternyata membuat konsumsi BBM pun meningkat disepanjang rest area. Di sepanjang rest area Trans Jawa BBM seperti Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo mengalami kenaikan 63 %. Serta Solar, Dexlite dan Pertamina Dex naik 26 %.

“Tersambungnya tol dari Jakarta hingga ke Probolinggo membuka opsi bagi masyarakat untuk menggunakan jalur darat ketika hendak berlibur ke wilayah Jawa Timur, seperti Malang, Banyuwangi, bahkan Bali, sehingga ini menjadi salah satu faktor peningkatan konsumsi gasoline dan gasoline di sepanjang jalur tol tersebut,” jelas General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V, Werry Prayogi, Kamis (2/1/2020).

Pertamina juga mencatat kenaikan konsumsi Avtur (bahan bakar pesawat) selama libur akhir tahun naik 5,1% dari rata-rata normal sebesar 3.650 KL per hari. Dari 13 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang berada di wilayah JatimBaliNus, DPPU El Tambolaka – Sumba Barat Daya, NTT mengalami kenaikan konsumsi sebesar 84,7% dari rata-rata normal.

Sementara itu DPPU lain seperti Juanda mengalami peningkatan sebesar 12,3% dari rata-rata normal, DPPU Ngurah Rai mengalami peningkatan sebesar 1,5% dari rata-rata normal, DPPU Lombok, mengalami peningkatan sebesar 4,2% dari rata-rata normal, DPPU Eltari mengalami peningkatan sebesar 46,6%dan DPPU Komodo, mengalami peningkatan sebesar 13,5% dari rata-rata normalnya. “Konsumsi LPG PSO sebesar 4% dari rata-rata harian dan 10% untuk konsumsi LPG Non-PSO. Kenaikan LPG Non-PSO dikarenakan musim liburan dimana kebutuhan hotel dan restoran meningkat,” tandasnya.[rea/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar