Hukum & Kriminal

Butuh Uang untuk Servis HP, Remaja di Tuban Curi Kotak Amal

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Gang Watulumur, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Kota Tuban berhasil melakukan penangkapan seorang remaja yang kedapatan melakukan pencurian Kotak amal di Mushola Al-Achdori yang selama ini membuat warga penasaran.

Remaja di bawah umur yang tertangkap mencuri kotak amal tersebut berinisial RZ (13), asal Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dan kini sudah diamankan di Polsek Kota Tuban. Pelaku melakukan pencurian kotak amal itu mengaku lantaran butuh uang untuk mengambil handphone yang rusak dan sedang diservis, Selasa (3/12/2019)

Aksi pencurian kotak amal yang dilakukan oleh RZ itu dilakukan tengah malah yang hanya seorang diri. Pelaku yang tidak lulus sekolah itu masuk ke dalam area mushola dengan cara memanjat pintu gerbang yang dalam keadaan terkunci.

“Pelaku masuk ke area musholla dengan cara memanjat pagar. Kemudian masuk ke dalam musholla melalui jendela yang tidak terkunci,” terang IPTU M Geng Wahono, Kapolsek Kota Tuban.

Setelah berhasil masuk, kemudian RZ itu langsung mencongkel kotak amal yang ada dengan menunggunakan obeng. Selanjutnya pelaku membawa uang yang berhasil diambil nya, namun saat itu ternyata aksinya sudah diketahui oleh warga.

“Uang yang diambil pelaku itu ada sekitar 297 ribu. Warga yang mengetahui kejadian itu langsung melaporkan ke Polsek Kota,” tambahnya.

Petugas kepolisian dari Polsek Kota yang mendapatkan laporan langsung datang ke lokasi kejadian pencurian itu dan sudah banyak warga yang berkumpul di depan musholla tersebut. Selanjutnya polisi langsung mengamankan remaja di bawah umur itu dan langsung dibawa ke Polsek Kota beserta barang buktinya.

“Kita masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dan masih menunggu orang tuanya dari yang bersangkutan,” paparnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan RZ ia nekad melakukan pencurian Kotak Amal tersebut lantaran butuh uang untuk mengambil hp yang sedang diservis. Namun, pelaku sendiri mengaku sudah tiga kali mencuri kotak amal  di musholla Al-Achdori, Gang Watulumur, Kelurahan Sidomulyo itu.

“Sudah tiga kali pak, yang dulu uangnya buat jajan, tapi jumlahnya lupa. Kalau ini untuk nebus (bayar) servis HP,” ungkap RZ, remaja yang juga tidak tamat Sekolah Dasar (SD) itu.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar