Iklan Banner Sukun
Ragam

Menu Makanan Ini Bahaya Jika Dijadikan Sarapan

(Foto: Kevin Woblick, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sarapan memang penting guna memenuhi kebutuhan asupan gizi sebelum memulai hari. Dan tiap daerah memiliki menu sendiri yang biasa digunakan untuk sarapan. Di Indonesia, nasi, sayur dan lauk adalah menu yang lumrah dijadikan sarapan. Begitu juga roti, sandwich, dan susu di daerah lain.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa tidak semua makanan baik dijadikan sebagai menu sarapan. Sebab, kandungan dan nutrisi yang ada di makanan tersebut kurang baik ketika dikonsumsi di pagi hari. Berikut ini makanan yang berbahaya untuk dijadikan sarapan.

Sereal

Sereal mungkin identik dengan bahan-bahan yang baik dan bernutrisi, seperti gantung dan susu. Namun, karena sereal yang dijual saat ini kebanyakan mengandung gula yang cukup tinggi, tak ayal jika menu sarapan ini sebaiknya dihindari. Selain dapat memicu naiknya gula darah, kandungan gula dalam sereal juga dapat memicu perasaan ngantuk ketika sedang beraktivitas.

Nasi uduk

Mengonsumsi nasi uduk boleh-boleh saja sebenarnya, namun harus berhati-hati karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dapat membuat berat badan jadi naik pesat. Terlebih jika tidak diimbangi dengan aktivitas-aktivitas lain, seperti olahraga. Mengonsumsi nasi uduk secara berlebihan khususnya di pagi hari juga dapat memicu timbulnya kantuk.

Mie Instan

Kebanyakan orang kerap memilih menu makanan yang tidak hanya murah, namun juga praktis dalam pengolahannya. Salah satu yang opsi utamanya yakni mie instan.

Padahal, makanan ini tidak baik dijadikan menu sarapan karena mengandung karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Selain itu, sangat rendah protein, vitamin, serat, dan mineral. Selain itu, juga terdapat kandungan natrium dan monosodium glutamate yang tidak baik dikonsumsi terlalu sering.

Sosis dan Nugget

Menu makanan dengan olahan daging ini memang nikmat disantap. Namun dalam sebuah penelitian, ternyata dua jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena setiap 50 gram daging olahan dalam sosis dan nugget mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

Gorengan

Makan makanan yang digoreng seperti tempe, tahu, ayam, atau jajanan gorengan lainnya memang terasa nikmat. Namun, lemak jenuh dalam gorengan bisa menyebabkan tubuh kesulitan dalam membersihkan gula darah. Selain berpotensi membuat radang tenggorokan, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan risiko obesitas.

Waffle

Dari semua menu makanan di atas, waffle dianggap yang paling buruk untuk dikonsumsi di pagi hari. Hal ini karena waffle memiliki kandungan tepung halus yang sangat tinggi. Terlebih, kandungan sirup jagung fruktosa yang dapat membuat seseorang mengalami risiko diabetes tipe 2. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan