Ragam

Jangan Sampai Tertelan, Ini 3 Biji Buah Yang Beracun

(Foto: Olia Nayda, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Hampir setiap anak, pasti pernah merasa khawatir apakah biji buah yang ditelan nantinya akan tumbuh dari dalam tubuh. Dan sebagian dari kita, pasti pernah merasakan perasaan itu di amsa kecilnya.

Mengonsumsi buah memang dapat memberikan nutrisi tambahan yang baik untuk tubuh. Selain itu buah-buahan juga bisa menjadi sumber gula alami yang dibutuhkan untuk memperkuat tubuh. Namun tahukan Anda ada beberapa biji buah yang berbahaya bahkan mengandung racun.

Ada sebagian buah yang bisa langsung dimakan bersama kulit serta bijinya, namun ada juga yang sebaliknya. Hal ini karena buah-buahan tertentu memiliki kulit yang keras dan tidak dapat dikonsumsi. Selain itu ada beberapa biji buah yang berbahaya bagi tubuh jika sampai tertelan. Berikut ini informasi selengkapnya seperti dirangkum dari Invorma, Senin (6/9/2021):

Biji apel

Menurut para peneliti, biji apel mengandung zat bernama amygdalin yang dapat mengeluarkan sianida jika bercampur dengan enzim dalam organ pencernaan manusia. Berdasarkan salah satu sumber, sebuah pengamatan yang dilakukan oleh Agency for Toxic Substances & Disease Registry, Amerika Serikat menyebutkan bahwa kontaminasi sianida dalam jumlah kecil berisiko menyebabkan kerusakan jantung, otak, bahkan koma hingga kematian.

Biji ceri

Selain apel, biji buah ceri juga mengandung senyawa hidrogen sianida jika hancur dan sampai tertelan. Zat tersebut dapat membuat Anda merasa pusing, mual dan sakit perut. Kelebihan sianida didalam tubuh juga dapat menyebabkan permasalahan pada ginjal. Pastikan untuk membuang bijinya terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi buah ceri. Jika ada gejala keracunan, minumlah air putih yang banyak dan segera pergi ke dokter.

Biji aprikot

Biji aprikot mengandung senyawa racun seperti sianida, glikosida sianogen, dan amygdalin. Jika biji apricot sampai tertelan maka dapat menyebabkan sakit kepala parah, muntah, insomnia, kecemasan, rasa haus yang berlebihan, mudah lelah, nyeri pada persendian dan otot. Melansir dari salah satu sumber, pada tahun 2010, Cyanide poisoning caused by ingestion of apricot seeds meneliti sebuah kasus keracunan biji aprikot yang terjadi pada 13 anak-anak. Mereka dilaporkan mengalami hipotensi, kejang-kejang, hingga koma. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar