Ragam

Jangan Asal! Begini Cara Menjemur Bayi yang Tepat Menurut Dokter

Ilustrasi salah satu cara tepat menjemur bayi yakni sebelum jam 10 pagi (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kerap kali kita temui para ibu yang baru melahirkan berjemur bersama bayinya. Aktivitas seperti ini memang biasanya disarankan oleh para dokter. Hal tersebut tidak lepas dari paparan sinar matahari yang baik bagi kesehatan.

Terlebih sinar matahari dapat membantu pengolahan vitamin D yang ada dalam tubuh. Tak hanya bagus untuk kesehatan kulit, melainkan juga bisa berguna dalam memaksimalkan penyerapan kalsium, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga membantu proses pembentukan tulang dan gigi.

Meski begitu, menjemur bayi tidak boleh asal-asalan. Jika salah, justru bisa berbahaya bagi sang buah hati. Maka berikut ini cara tepat menurut dokter dalam menjemur bayi, di antaranya;

Jangan menjemur bayi dalam kondisi telanjang

Kerap kali para orang tua melakukan kesalahan ini. Menjemur bayi dalam kondisi telanjang justru akan membuat kulit bayi jadi mudah iritasi atau bahkan merasa terbakar. Hal ini karena kulit bayi sangat sensitif dan masih terlalu tipis. Tak ayal, jika tidak disarankan untuk bayi dijemur dalam kondisi telanjang bulat.

Jangan terlalu lama

Banyak orang beranggapan bahwa semakin lama bayi dijemur akan semakin sehat. Menurut dokter, hal ini merupakan asumsi yang salah. Faktanya, menjemur bayi 10-15 menit saja sudah cukup.

Lakukan sebelum jam 10 pagi

Dokter biasanya akan menyarankan untuk menjemur bayi sebelum pukul 10 pagi atau sebelum matahari sedang terik-teriknya. Jika dilakukan di atas jam sepuluh atau di bawah jam empat sore, paparan ultravioletnya sudah berlebihan. Sehingga tidak baik bagi kesehatan.

Pakai pelindung kepala dan kacamata

Berada di bawah sinar matahari secara langsung tentu saja membuat seseorang silau dan tidak nyaman, begitu pula kiranya yang akan dialami oleh para bayi yang dijemur. Tak ayal, jika penggunaan pelindung kepala dan kacamata juga diperlukan.

Gunakan tabir surya jika berusia lebih 6 bulan

Penggunaan tabir surya bisa jadi opsi para orang tua ketika sedang menjemur sang buah hati. Hal ini untuk melindungi kulit agar tidak mudah iritasi atau terkena risiko kanker kulit. Namun, penggunaan tabir surya, bisa mulai dilakukan saat anak memasuki usia lebih dari enam bulan. (fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar