Iklan Banner Sukun
Ragam

Bahaya Setelah Olahraga Langsung Mandi Tanpa Pendinginan

sumber: unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Sebelum memulai olahraga memang disarankan melakukan pemanasan supaya meregangkan otot-otot yang kaku sehingga tidak mudah cedera. Sama halnya dengan pendinginan setelah berolahraga.

Hal ini dikarenakan tubuh menjadi panas dan peningkatan tekanan darah setelah olahraga. Maka berbahaya ketika setelah olahraga langsung mandi tanpa pendinginan tubuh lebih dahulu. Inilah beberapa resikonya:

Nyeri Sendi dan Rematik

Kita pernah mendengar mandi di malam hari berpotensi nyeri sendi dan rematik. Ternyata hal ini dapat terjadi setelah olahraga langsung mati. Pasalnya, akibat tubuh yang seharusnya melepas keringat mengalami hambatan karena masuknya air saat mandi.

Serangan Jantung Mendadak

Saat berolahraga bukan hanya peredaran darah dan hawa tubuh yang berpengaruh. Nyatanya, kinerja jantung mengalami peningkatan. Jantung memberikan tenaga lebih ekstra dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh dari biasanya. Itulah alasan diperlukannya pendinginan untuk mengembalikan kinerja jantung hingga dapat kembali normal. Bahkan besar kemungkinan ketika setelah olahraga langsung mandi membuat shock hingga terkena serangan jantung.

Kepala Pusing

Tubuh mendapatkan banyak oksigen selama olahraga. Bahayanya jika teknik bernapas kurang tepat menyebabkan pusing akibat darah kekurangan kadar oksigen sehingga aliran oksigen ke otak menjadi berkurang. Maka dari itu, keadaan ini tidak menyarankan setelah olahraga mandi langsung tanpa pendinginan. Pasalnya, tubuh kemungkinan mengalami perubahan suhu yang terlalu drastis, sehingga kepala menjadi sakit atau pusing.

Penurunan Fungsi Kelenjar Keringat

Saat selesai berolahraga, pori-pori terbuka. Hal ini membuat kelenjar keringat mengeluarkan hawa panas dan sisa racun dari tubuh. Maka dari itu, mandi langsung setelah olahraga akan berpengaruh pada kinerja sistem kelenjar keringat sehingga mengalami penurunan dan dan berdampak bagi kesehatan.

Mandi setelah olahraga merupakan sesuatu yang baik dilakukan hanya saja kita perlu melakukan pendinginan terlebih dahulu. Ketika tidak memungkinkan mandi langsung, maka lakukan dengan mengganti pakaian olahraga dengan yang bersih. Setelah itu, cuci wajah dengan sabun cuci muka yang mengandung salicylic acid supaya mencegah pori-pori tersumbat dan kemunculan jerawat. Jika sudah tiba di rumah, segera mandi supaya tidak ada keringat yang menempel terlalu lama. (PRD/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar