Ragam

8 Tips Penggunaan Parfum Agar Tahan Lama Seharian

parfum
Ilustrasi cara penggunaan parfum yang dapat tahan lama seharian. Salah satunya semprotkan ke anggota tubuh tertentu. (Sumber foto: Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Suka kesal karena menggunakan parfum tapi aromanya tak pernah bertahan lama? Jika demikian, jangan buru-buru dibuang dulu. Bisa jadi karena kamu salah dalam penggunaannya. Nyatanya, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan agar parfum tahan lama seharian.

Parfum yang tahan lama tidak hanya membuatmu lebih hemat pemakaian. Melainkan juga bisa meningkatkan rasa percaya diri di sepanjang hari. Tak ayal menjalani aktivitas pun bisa jadi lebih semangat, hingga memungkinkan produktivitas jadi meningkat.

Adapun berikut ini delapan tips penggunaan parfum agar tahan lama seharian, di antaranya;

1. Tidak menyemprotkan pada pakaian

Mungkin masih banyak orang yang salah. Untuk wangi yang tahan lama, menyemprotkan parfum sebaiknya tidak di pakaian. Penggunaannya lebih disarankan di titik-titik tertentu pada kulit. Karena jika disemprotkan ke pakaian, aromanya justru akan bercampur dengan keringat. Sehingga memunculkan aroma yang aneh dan akhirnya mengganggu orang di sekitar.

2. Semprot pada titik terbaik

Dalam menyemprotkan parfum, hal mendasar yang perlu diketahui ialah memilih titik terbaik penyemprotan. Misalnya belakang telinga, leher, pergelangan tangan, dada, dan lipatan-lipatan tubuh, seperti sisi dalam siku dan bagian belakang lutut.

3. Perhatikan jarak semprotnya

Umumnya orang-orang menggunakan minyak wangi semprot agar dapat menyebar dan terkesan fokus pada satu titik saja. Namun, tak banyak orang tahu jika penyemprotan parfum tidak boleh asal. Terlebih jika ingin aromanya tahan lama seharian. Normalnya, jarak menyemprotkan parfum yang baik ialah antara jarak 15-25 centimeter dari bagian tubuh.

4. Semprot lebih dari sekali

Ada baiknya untuk menyemprotkan parfum lebih dari sekali di setiap titiknya. Hal ini tentunya berguna untuk mempertahankan aroma parfum di sepanjang hari. Meski begitu juga perlu diperhatikan, jangan sampai berlebihan. Hal itu justru akan membuat orang lain yang menciumnya merasa tidak nyaman.

5. Pilih jenis eau de parfum

Eau de parfum merupakan wewangian yang memang diperuntukan untuk tubuh. Umumnya parfum jenis ini yang paling banyak ditemui di pasaran. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang seribu per mililiter hingga ratusan atau mungkin jutaan rupiah. Jenis wewangian ini memiliki aroma yang lebih kuat karena konsentrasi minyaknya yang tinggi, yakni antara 15-20 persen.

6. Perhatikan penyimpanannya

Penyimpanan parfum nyatanya juga dapat mempengaruhi tahan lama atau tidaknya wewangian. Salah satunya, parfum tidak boleh disimpan atau diletakkan di tempat yang dapat terkena sinar matahari. Hal ini untuk menghindari agar wanginya tidak menguap. Selain itu, jauhkan dari sesuatu yang memiliki bau tajam.

7. Pastikan kulit lembap

Sebelum menyemprotkan parfum ke anggota tubuh, pastikan kulit dalam keadaan lembap. Namun, jika kulit sedang kering, disarankan untuk menggunakan pelembab kulit terlebih dahulu. Secara tidak langsung hal ini dapat membuat aroma parfum dapat bertahan lama.

8. Jangan menggosok parfum

Tak sedikit orang yang menyemprotkan parfum ke leher, pergelangan tangan, dan sebagainya, kemudian mereka menggosok-gosokkannya. Padahal, cara tersebut dapat merusak aroma parfum itu sendiri. Maka sebaiknya cukup semprotkan saja, tanpa perlu menggosoknya. (fyi/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar