Politik Pemerintahan

Usai Dilantik PKS Kota Malang Targetkan 11 Kursi di Pileg 2024

Pelantikan DPD PKS Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Ketua DPW PKS Irwan Setiawan dan Ketua DSW Dr Kiai Haji Muhammad Ajir Abdi Moenip melantik sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Tingkat Daerah di 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur secara daring, Minggu, (21/2/2021). Salah satu DPD yang dilantik adalah PKS Kota Malang.

Ketua DPD PKS Kota Malang, Ernanto Djoko mengatakan pasca dilantik mereka mengusung sejumlah program kerja. Diantaranya, memasang target perolehan kursi DPRD Kota Malang pada 2024 mendatang. Dari 6 kursi pada 2019 kemarin, menjadi 11 kursi di 2024 mendatang.

“Target harus ditinggikan 11 kursi kita berusaha mengambil suara yang tidak mau berpolitik pada 2019 lalu, kita didik selama 4 tahun ini. Survei yang kita dapat tidak tertarik politik itu 50 persen, nah inilah yang kita sasar pendidikan politik bisa lewat sosmed atau podcast,” kata Ernanto Djoko.

Di Pemilihan Legislatif 2014 PKS hanya memperoleh 3 kursi di DPRD Kota Malang. Perolehan suaranya meningkat 100 persen di 2019 dengan meraih 6 kursi. PKS menjadi partai yang diuntungkan sebab tidak ada caleg petahana yang bertarung di Pileg 2019 karena tersangkut kasus oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal ini turut mendongkrak perolehan kursi PKS di Legislatif Kota Malang. Strategi yang dijalankan saat ini adalah para legislator PKS diminta mengamankan kursi, sementara calon legislatif baru di 2024 mendatang diminta berjuang meraih target tambahan 5 kursi.

“Kita bersyukur termasuk partai yang diuntungkan, kita berbagi kerja dengan anggota DPRD yang incumbent. Teman-teman anggota DPRD harus mengamankan kursi, dan calon lain harus cari lain kursi lagi sisanya 5 atau 4 pengurus kita nanti ikut program DPD target kita sangat logis,” ujar Ernanto Djoko.

Ernanto Djoko mengatakan, pemilih PKS pada Pemilu 2019 lalu hampir 50 persen anak muda atau kalangan milenial. Pada pemilu 2024 mendatang mereka ingin meningkatkan pemilih PKS dari kalangan anak muda.

“Oleh karena itu dalam kepengurusan kabinet asyik DPD PKS Kota Malang periode 2020-2025 siap kolaborasi bersama anak muda untuk menjadikan anak muda subyek politik bukan obyek politik serta mendorong terlibat aktif dalam aktualisasi diri dan bekarya di bidang kepemudaan,” tandas Ernanto Djoko. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar