Politik Pemerintahan

Sirekap Eror, Ketua KPU RI Sidak ke Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Ketua KPU RI Arief Budiman melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Gresik, Sabtu (12/12/2020). Kedatangan orang nomor satu di KPU itu, untuk memastikan proses rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan agar terus berjalan.

Karena sebelumnya sistem rekapitulasi elektronik (Sirekap) KPU Gresik yang sempat eror. Ada dua kecamatan yang dikunjungi oleh Arief Budiman. Yakni, Kecamatan Manyar dan Kebomas. Hal ini karena kedua wilayah itu dekat dengan Surabaya.

“Sirekap mengalami gangguan, bukan artinya diganggu, sepenuhnya problem teknis. Sepenuhnya masuk bersama bergerak bersama, sebenarnya ini sudah diantisipasi,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman, Sabtu (12/11/2020).

Diakui Arief Budiman, sebelumnya saat dilakukan simulasi, atau uji coba bersama semua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sirekap tidak mengalami gangguan. “Itulah teknologi informasi tiba-tiba ada hal muncul diluar perkiraan kita. Progres Sirekap terus naik, trennya positif, artinya tidak ada kendala seperti awal-awal pemungutan suara itu,” tuturnya.

Masih menurut Arief, berdasarkan laporan yang masuk. Data kemarin (11/12/2020) sudah masuk 201 ribu TPS. Bahkan, hari ini jauh lebih banyak. “Kalau trafiknya banyak agak melambat, memang kalau antrean banyak disuruh mengulangi lagi, kadang operator kita tidak sabar disuruh antre tidak mau, dicoba masuk-masuk,” ungkapnya.

Sirekap merupakan transparansi KPU dari tahap awal sampai akhir bisa diakses dengan mudah. “Kalau data sekarang muncul tidak boleh diambil kesimpulan apapun, Si A menang si B kalah tidak boleh harus tuntas dulu baru dijadikan pedoman,” paparnya.

Saat ditanya mengenai pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi, Arif menjelaskan pelaksanaan pilkada lancar, kepatuhan masyarakat tentang protokol kesehatan juga sangat tinggi. “Tingkat kepatuhan dari rilis Satgas Covid-19, 96 persen, partisipasi juga cukup tinggi. Gresik diperkirakan partisipasi mencapai 80 persen,” katanya.

Secara terpisah, Ketua KPU Gresik Akhmad Roni menyatakan saat ini sirekap sudah berjalan kembali. Malahan dari sistem tersebut ada beberapa kecamatan yang rekapitulasinya sudah masuk. “Sudah berjalan kembali tapi untuk lebih jelasnya silahkan menghubungi komisioner divisi teknis pelaksana pemilu,” tandasnya. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar