Politik Pemerintahan

Sidak Pilkades Ponorogo, Komisi A: Partisipasi Masyarakat Capai 80 Persen

Komisi A melakukan sidak Pilkades di Desa Morosari di Kecamatan Sukorejo. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Komisi A DPRD Kabupaten Ponorogo melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di bumi reog. Anggota legislatif itu meninjau beberapa desa di Ponorogo yang menyelenggarakan pilkades. Mereka ingin memastikan setiap tahapan Pilkades bisa berjalan dengan lancar.

“Kita lakukan sidak di beberapa desa yang melakukan Pilkades, melihat langsung tahapannya gimana. Kita juga lakukan antisipasi kerawanannya,” kata Wakil Komisi A DPRD Kabupaten Ponorogo, Agung Priyanto, Selasa (22/11/2022).

Agung menyebut bahwa Pilkades serentak yang diselenggarakan tahun 2022 ini, berbeda dengan pelaksanaan Pilkades tahun-tahun sebelumnya. Kali ini tempat pemungutan suara (TPS) dibatasi pemilihnya maksimal 500 orang. Sehingga ada beberapa TPS yang daftar pemilih tetap (DPT) lebih 500 orang. Sehingga ada yang namanya TPS induk, juga ada TPS tambahan. Selain untuk memungut suara, TPS induk nantinya juga menjadi tempat penghitungan suara.

“Sekarang ada TPS tambahan, sehingga kita memastikan bahwa pengamanan kartu suara dari TPS tambahan ke TPS induk harus benar-benar aman. Sebab, penghitungan suaranya ada di TPS induk,” katanya.

Jangan sampai, terjadi selisih surat suara meski hanya satu surat suara pun. Sisa surat suara yang tidak digunakan juga harus dihanguskan sesuai dengan berita acara. Agung juga memastikan bahwa masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik. Bagaimana solusi jika ada warga yang belum terdaftar, masyarakat tidak bisa ke TPS. Dalam pemantauan, partisipasi masyarakat yang memilih di Desa Morosari di Kecamatan Kauman sudah mencapai 80 persen. “Tadi juga ada penjemputan warga yang ingin memilih ke TPS, semoga pasca pelaksanaan Pilkades tetap lancar dan aman,” ungkapnya.

Dalam gelaran Pilkades, ada sedikit riak-riak kecil di masyarakat biasa. Namun, jangan sampai menimbulkan situasi yang tidak kondusif. Dia berharap pelaksanaan Pilkades 23 desa itu, tidak ada gugatan dikemudian hari. “Kalau ada gugatan ya harus menunggu 3 hari dulu. Kita harapkan kondusif Pilkades hari ini,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar