Politik Pemerintahan

Pemkot Madiun Gelar Pelatihan Budidaya Lebah Madu Klanceng

Wali Kota Madiun Maidi saat kunjungi tempat pelatihan warga untuk budidaya lebah madu kelanceng. (Foto: Diskominfo Kota Madiun)

Madiun (beritajatim.com) – Upaya Pemerintah Kota Madiun melakukan budidaya madu lebah klanceng terus digalakkan. Pelatihan kepada masyarakat dilakukan guna mewujudkan hal tersebut. Itu seperti yang terlihat di Kelurahan Kejuron, Jumat (10/9/2021). Masyarakat tampak antusias mengikuti pelatihan yang sudah berlangsung sejak sehari kemarin tersebut.

‘’Yang cocok untuk masyarakat kota ya ini. Tidak perlu dikasih makan, lebahnya sudah mencari makan sendiri. Kalaupun sibuk bekerja, budidaya lebah tetap bisa berjalan,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi yang meninjau pelatihan sembari giat gowes tersebut.

Wali Kota Madiun Maidi saat kunjungi tempat pelatihan warga untuk budidaya lebah madu kelanceng. (Foto: Diskominfo Kota Madiun)

Wali kota juga melakukan dialog dengan peserta. Pun, beberapa kendala yang mengemuka langsung dicarikan solusinya. Seperti masalah vegetasi sebagai sumber makanan lebah. Wali kota langsung menawarkan untuk memanfaatkan lahan Pemkot di sebelah barat Edupark Ngrowo Bening untuk digunakan. Kebetulan, lokasi tak jauh dari tempat budidaya dan pelatihan warga tersebut.

‘’Vegetasinya memang harus disiapkan dulu. Ada lahan sebelah Ngrowo itu yang belum terpakai. Silahkan itu digunakan untuk ditanami berbagai tanaman vegetasinya lebah,’’ jelasnya.

Terkait pemasaran, wali kota berpesan agar masyarakat tidak perlu khawatir. Pemerintah pastinya akan memberikan berbagai pelatihan lanjutan. Pun, madu kaya akan manfaat. Artinya, masyarakat bisa mengkonsumsi madu untuk kesehatan pribadi dan keluarga. Itu penting dalam kondisi pandemi seperti ini. Wali kota menyebut menjaga kesehatan secara alami lebih baik daripada secara kimiawi.

‘’Budidaya ini tidak ada ruginya. Banyak orang yang membutuhkan. Sementara itu, bisa dikonsumsi sendiri agar sehat secara alami,’’ pungkasnya. [fat/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar